TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN HAK ASASI MANUSIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Yatti Rosmiati Universitas Pamulang
  • Ahmad Nana mahmur Mulyana Universitas Pamulang
  • Herdy Wisman Jaya Universitas Pamulang

Keywords:

Pendidikan HAM, Pendekatan Kontekstual, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Keterlibatan Siswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji tantangan dan peluang dalam pendidikan Hak Asasi Manusia (HAM) di Sekolah Menengah Pertama. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi efektivitas penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan information kuantitatif melalui pretes dan postes. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat dari 54,75 pada pretes menjadi 76,36 pada siklus pertama dan 87,75 pada siklus kedua. Selain itu, persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Negligible (KKM) meningkat dari 3,12% menjadi 93,75%. Kebaruan artikel ini terletak pada penerapan show pembelajaran kontekstual yang terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang HAM dan mendorong keterlibatan aktif mereka. Temuan ini memberikan wawasan baru bagi pengembangan kurikulum pendidikan HAM yang lebih relevan dan inovatif di sekolah-sekolah.

References

Aripin, I. (2011). *Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis dan Retensi pada Konsep Sistem Reproduksi di SMA*. Tesis SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Dahar, R. W. (1996). *Teori-teori Belajar*. Jakarta: Erlangga.

Campbell, A.N., Reece, B.J., & Mitchell, G.L. (2004). *Biologi Edisi 5 Jilid 3*. Jakarta: Erlangga.

McClean, et al. (2005). Molecular and Cellular Biology Animations: Development and Impact on Student Learning. *Cell Biol. Educ.*, 4(2), 169–179.

Rustaman, N. Y. (2002). Pandangan Biologi Terhadap Proses Berpikir dan Implikasinya Dalam Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia tanggal 17 Oktober 2002. Bandung: UPI PRESS.

Rogers, D. (2015). “Anas platyrhynchos” (On-line), Animal Diversity Web. Accessed August 17, 2018 http://animaldiversity.ummz.umich.edu/site/account/information/Anas_platyrhyncos.html.

Citations:

https://www.merdeka.com/jatim/cara-membuat-kesimpulan-dengan-baik-dan-benar-penting-dipelajari-kln.html

https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/cara-membuat-kesimpulan/

https://www.gramedia.com/literasi/cara-membuat-kesimpulan/

https://www.liputan6.com/hot/read/5302154/contoh-kesimpulan-sesuai-kaidah-yang-benar-lengkap-dengan-cara-membuatnya

https://deepublishstore.com/blog/pengertian-kesimpulan/https://an-nur.ac.id/blog/cara-membuat-kesimpulan-penelitian-yang-menarik-jelas-dan-bermakna.html

https://penerbitdeepublish.com/contoh-kesimpulan/

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Rosmiati, Y., Mulyana, A. N. mahmur, & Jaya, H. W. (2024). TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN HAK ASASI MANUSIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Generasi Pancasila, 4, 115–122. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46429