PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH
Keywords:
Peran, Teknologi, Sekolah, dan Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Kemajuan teknologi lebih pesat dibanding dengan perkembangan pendidikan khususnya pembelajaran. Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk memberikan kemampuan berpikir kritis, rasional dan kreatif tentang masalah-masalah kewarganegaraan, berpartisipasi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Kondisi pendidik dan peserta didik dahulu belum bisa memanfaatkan teknologi yang dapat membantu dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Penilitian ini ialah penelitian desktritif dengan pendekatan kualitatif dengan mengenakan metode studi kepustakaan. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam kajian studi kepustakaan ialah mencari informasi mengenai hal- hal berbentuk catatan, buku, artikel, jurnal, dll. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran teknologi sebagai literasi digital dalam pembelajaran PKn melalui video serta e- book bisa menambah pengetahuan PKn siswa, meningkatkan wawasan pengetahuan PKn dalam menyelesaikan permasalahan PKn secara kritis. Karakter kewarganegaraan yang bisa ditumbuhkan melalui perilaku serta sikap seperti tanggung jawab, kerjasama, usaha, disiplin, hirau, anti narkoba, anti korupsi, serta proteksi area yang timbul dalam proses pembelajaran mengacu pada kompetensi inti PKn.
References
Damri, M. P.,Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan kewarganegaraan. Prenada Media. hlm (1-5)
Rahayu, M. (2007). Pendidikan kewarganegaraan. Grasindo.hlm (6)
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, 8(2).hlm (1-3)
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Japar, M., Fadhillah, D. N., & HP, G. L. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. Jakad Media Publishing.
Dr.Benny A. Pribadi, M.A. 2017, Media dan Teknologi dalam Pembelajaran, Jakarta : Kencana. hlm (3-15)
Abdulhak, Ishak dan Darmawan,Deni, Teknologi Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2013. Hal. 106-119
Sumaryati, S., Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di Sekolah Memengah Atas. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(2), 1-12.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57-65.