MENGGALI MAKNA SUMPAH PEMUDA DALAM PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS NASIONAL

Authors

  • Ayu Lutfiani Universitas Pamulang
  • Berliana Tina Amanda Universitas Pamulang
  • Dian Widyaningsih Universitas Pamulang
  • Vivit Varischa Universitas Pamulang
  • R. Dede Siswandi Universitas Pamulang

Keywords:

Sumpah Pemuda; Identitas Nasional; Persatuan.

Abstract

Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928 merupakan momen penting dalam sejarah Indonesia, mencerminkan semangat persatuan bangsa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna Sumpah Pemuda dalam pembentukan identitas nasional dan perannya dalam memperkuat persatuan di kalangan generasi muda, serta tantangan yang dihadapi dalam mengaplikasikan nilai-nilai tersebut di era globalisasi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan analisis isi. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan tentang pentingnya Sumpah Pemuda dalam pendidikan kewarganegaraan dan penguatan nilai-nilai kebangsaan. Sumpah Pemuda, yang ditulis oleh Moehammad Yamin dan dibacakan oleh Soegondo, berisi tiga poin utama yang menegaskan persatuan bangsa dan bahasa. Meskipun awalnya tidak dianggap penting, makna Sumpah Pemuda semakin dihargai seiring waktu, terutama pada tahun 1950-an dan 1960-an, ketika digunakan sebagai alat politik untuk menghadapi tantangan perpecahan di Indonesia.

References

Abdulgani, Roeslan. (1964). Dihadapan Tunas Bangsa. Djakarta: Penerbit B.P. Prapantja.

Anderson, Benedict R.O’G. (1991). “Gagasan tentang Kekuasaan dalam Kebudayaan Jawa” dalam Miriam Budiardjo [ed]. Aneka Pemikiran tentang Kuasa dan Wibawa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, Terjemahan, cetakan ketiga.

Darmalaksana, W. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. MidSens’09 - International Workshop on Middleware Tools, Services and Run-Time Support for Sensor Networks, Co-Located with the 10th ACM/IFIP/USENIX International Middleware Conference, 1–6. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193

Harun, C., Terry, H., & Dasforsate, A. (2023). YOUTH ORGANIZATIONS DURING THE INDONESIAN NATIONAL. 3(2).

Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924

Nurdin, M. (2023). IDENTITAS NASIONAL. 1(4), 241–247.

Suwirta, A. (2015). Memaknai Peristiwa Sumpah Pemuda dan Revolusi Kemerdekaan Indonesia dalam Perspektif Pendidikan. 1(April), 57–68.

Utami, P. (2018). Sejarah Sumpah Pemuda. Modul Mata Kuliah Pendidikan Karakter Bangsa.

Sarumaha, Y. A., & Fatimatuzzahro, F. (2024). SUMPAH PEMUDA: SEMANGAT YANG MENYALA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. PROFICIO, 5(2), 801-809.

https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3697

Karyanti, T. (2010). Sumpah Pemuda dan Nasionalisme Indonesia. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 1(3).

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ayu Lutfiani, Berliana Tina Amanda, Dian Widyaningsih, Vivit Varischa, & R. Dede Siswandi. (2023). MENGGALI MAKNA SUMPAH PEMUDA DALAM PROSES PEMBENTUKAN IDENTITAS NASIONAL. Generasi Pancasila, 3, 52–61. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46548