PERAN KARTINI DALAM KESETARAAN PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN DI INDONESIA

Authors

  • Adella Amanda Putri Universitas Pamulang
  • Amanda Putri Fatihah Universitas Pamulang
  • Inayah Universitas Pamulang
  • Nurul Khoerunnisa Universitas Pamulang
  • Roni Rustandi Universitas Pamulang

Keywords:

Kartini, Kesetaraan Pendidikan, Perempuan

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menyelidiki kontribusi Raden Ajeng Kartini terhadap perjuangan kesetaraan pendidikan perempuan di indonesia. Dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan teknik kajian pustaka. Pada awal abad ke-20, Kartini seorang ikon pembebasan perempuan berjuang untuk akses perempuan terhadap pendidikan dan melawan diskriminasi gender. Dengan menelaah tulisan-tulisan Kartini, terutama surat-suratnya yang terkenal, dan karya-karya lain yang relevan, penelitian ini menemukan bahwa pandangan kartini mengenai pendidikan perempuan tidak hanya terbatas pada pendidikan formal dan intelektual dalam membentuk kepribadian perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inisiatif kartini untuk mendukung pendidikan perempuan memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan pendidikan perempuan di indonesia, yang masih berlangsung hingga saat ini. Kartini berhasil mendorong perempuan masa depan untuk mengenyam pendidikan dan memberikan kontribusi dalam berbagai disiplin ilmu. Selain menyoroti pentingnya meneruskan perjuangan untuk kesetaraan lebih besar bagi perempuan bidang pendidikan dan bidang sosial lainnya di masa kini. Penelitian ini juga menegaskan bahwa peran kartini sebagai perintis emansipasi perempuan telah membuka jalan bagi kesetaraan pendidikan bagi perempuan di indonesia.

References

Ainiyah, Q. (2017). Urgensi Pendidikan Perempuan Dalam Menghadapi Masyarakat Modern. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 97–109. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1240

Aprilyada, G., Zidan, M. A., Nurlia, Ainunisa, R. A., & Winarti, W. (2023). Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165–173. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/download/1449/823/

Arifah, N. K., & Novita, A. (2023). Pendidikan dan Nasionalisme: Analisis Pemikiran Raden Ajeng Kartini sebagai Pahlawan Emansipasi Perempuan. Kariman, 11(2), 314–323. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/download/362/258/1210

Elvariany, W., & Irawan, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Tinggi Bagi Perempuan Dalam Islam. Social, Educational, Learning and Language …, April, 67–80. https://jurnal.sitasi.id/sell/article/view/8%0Ahttps://jurnal.sitasi.id/sell/article/download/8/6

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575

Karlina, & Hudaida. (2020). Pemikiran Pendidikan dan Perjuangan Raden Ayu Kartini Untuk Perempuan Indonesia. Jurnal Humanitas, 7(1), 35–44. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jhm/article/view/3281

Khasanah, N., Aravik, H., & Hamzani, A. I. (2022). Pemikiran Pendidikan Progresif Abdul Munir Mulkhan Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Raudhah, 7(Vol 7 No 1 (2022)), 30–40. http://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/156/103

Kholisoh, S. (2016). Konsep Pendidikan Perempuan R.A. Kartini dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. E-Repository Perpus IAIN Salatiga, 100. http://erepository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1427

Kusuma, A. D. (2022). Kartini dan Pemikirannya: Menyelami Gagasan Kritis Sosok Perempuan Jawa di Akhir Abad XIX. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(4), 284–293. https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22676

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Braz Dent J., 33(1), 1–12. https://www.studocu.com/id/document/universitas-lambung-mangkurat/radiokimia/5245-article-text-9549-1-10-20230115/68717359

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. 4, 7911–7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498

Sari, U. A. L. P., & Subur. (2023). Konsep Pemikiran Pendidikan Wanita Perspektif R.A. Kartini. Jurnal Kependidikan, 11(1), 118–136. https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8286

Sulistyowati, Y. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. 1(2), 1–14. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/ijougs/article/view/2317

Suryani, N. A., & Hudaidah, H. (2021). Pemikiran R.a. Kartini Untuk Relevansi Pendidikan Khususnya Pada Kaum Wanita Di Indonesia. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(1), 119–122. https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14770

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Putri, A. A., Fatihah, A. P., Inayah, Khoerunnisa, N., & Rustandi, R. (2023). PERAN KARTINI DALAM KESETARAAN PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN DI INDONESIA. Generasi Pancasila, 3, 62–69. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46560