IMPLEMENTASI NILAI SEJARAH DAN PENGUATAN KARAKTER NASIONALIS DI ERA DIGITAL

Authors

  • Frenky franciskus Panjaitan Universitas Pamulang
  • Devina Ramadhani Universitas Pamulang
  • Marselina Herlinda Kaka Universitas Pamulang
  • Joshua Pangihutan Sinaga Universitas Pamulang
  • Hafid Al Hakim Universitas Pamulang
  • Yulita Pujilestari Universitas Pamulang

Keywords:

Nilai – nilai Pancasila, Karakter Nasionalis, Nilai Sejarah, Era digital

Abstract

Era digital membawa tantangan baru dalam menanamkan nilai-nilai sejarah dan membangun karakter nasionalis. Penelitian ini berfokus pada implementasi nilai-nilai sejarah dan penguatan karakter nasionalis di era digital, sekaligus mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital memiliki potensi besar dalam pembelajaran sejarah dan penguatan karakter nasionalis. Namun, terdapat hambatan seperti keterbatasan akses internet, rendahnya literasi digital, serta maraknya konten negatif. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif, serta perlunya kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk meningkatkan keberhasilan implementasi nilai-nilai sejarah dan karakter nasionalis di era digital.

References

Arianto, Ismail. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Vol. 1 (2) 2337-5205.

Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41–49.

Haryati, Sri. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Character, education, Curriculum.

Nazir, M. & Hasibuan, N. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gajah Mada University Press.Rahma, Huriyah. (2012).Nilai_Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Nilai Pendidikan Karakter Pancasila Uud 1945. Vol. 1 (1) 2337-9480.

Saifuddin, A. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulastri, Sulastri, Syahril, Syahril, Adi, Nelfia, & Ermita, Ermita. (2022). Penguatan Pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar.

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, R., Princes, E., Tunardi, Y., Chandra, A., Noerlina, Mursitama, T. N., & Devinca, L. (2022). Assessing the impacts of IT usage, IT adoption, and Innovation capabilities in increasing the hybrid learning process performance.

International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(4), 337354.DOI:https://doi.org/https://doi.org/10.26803/ijlter.21.4.19.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial.

Yogyakarta: Deepublish.Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran guru dalam pengembangan Peserta didik di era digital.

Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–13. DOI:https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1 Widiastuti, N. E. (2021).

Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan karakter nasionalisme peserta didik di sekolah Berbasis agama Islam. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan),1(1),25–33. DOI:https://doi.org/10.24269/v1.n2.2016. 25-33Yudianto, A. (2017).

Penerapan video sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.Yustiani. (2018). Nationalism through school education for senior high school Students in border area of West Kalimantan.

Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi, 04(01), 111–124.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk Membangun karakter bangsa. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115. DOI:https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Panjaitan, F. franciskus, Ramadhani, D., Kaka, M. H., Sinaga, J. P., Hakim, H. A., & Pujilestari, Y. (2023). IMPLEMENTASI NILAI SEJARAH DAN PENGUATAN KARAKTER NASIONALIS DI ERA DIGITAL. Generasi Pancasila, 3, 91–97. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46568