PERAN MEDIA MASSA DALAM MEMBANGUN SEMANGAT NASIONALISME PADA MASA PERJUANGAN KEMERDEKAAN
Keywords:
Media Massa, Nasionalisme, Perjuangan KemerdekaanAbstract
Media massa memainkan peran kunci dalam membangun semangat nasionalisme di Indonesia selama masa perjuangan kemerdekaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana media massa seperti surat kabar dan radio menjadi alat strategis untuk menyebarkan pesan-pesan nasionalis dan memperkuat solidaritas rakyat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis dokumen sejarah dan literatur relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media massa berfungsi sebagai penggerak utama dalam menyatukan identitas nasional, meningkatkan kesadaran kolektif, dan menginspirasi perlawanan terhadap kolonialisme. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada analisis strategi komunikasi media dalam konteks pembangunan nasionalisme selama periode yang krusial tersebut.
References
Adryamarthanino, V., & Nada, N. N. (2023). Peran Radio pada Masa Kemerdekaan. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/stori/read/2023/07/09/100000779/peran-radio-pada-masa-kemerdekaan-
Azhari, P. I., Sidiq, R., & Purnamasari, I. (2022). Bahan Ajar Sejarah Perjuangan Bangsa Melalui Pers di Sumatera Utara Tahun 1916-1925.
Bachtiar, A. Y., Perkasa, D. H., & Sadikun, M. R. (2016). Peran Media Dalam Propaganda. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2).
Choiriyati, S. (2015). Peran Media Massa Dalam Membentuk Opini Publik. Jurnal UML, 2(2), 21-27.
Default, S. (2017). Pengertian Media Massa Menurut Para Ahli. Retrieved from PakarKomunikasi.com: https://pakarkomunikasi.com/media-massa-menurut-para-ahli
Hendra, T. (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 1(2), 136-152.
Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119-138.
Mahatama, R. (2021). Penyebaran Berita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Wilayah Indonesia. Retrieved from Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/paparan-topik/2021/08/19/penyebaran-berita-proklamasi-kemerdekaan-republik-indonesia-di-wilayah-indonesia
Media, P. (2009). MEDIA MASSA DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KALIMANTAN SELATAN. Retrieved from Media Publik: https://mediapublikonline.blogspot.com/2009/08/media-massa-dalam-perjuangan.html
Mukarom, Z. (2021). Teori – Teori Komunikasi Berdasarkan Konteks. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prabowo, G., & Gischa, S. (2022). Peran Pers dalam Perjuangan Pergerakan Nasional. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/22/132521669/peran-pers-dalam-perjuangan-pergerakan-nasional
Senikomunikasi.com. (n.d.). Pengertian Media Massa Plus Karakteristik, Jenis, Fungsi, dan Perannya. Retrieved from Seni Komunikasi: https://senikomunikasi.com/pengertian-media-massa-dan-karakteristiknya/
Wahyudin, U., & Erlandia, D. R. (2018). Peran Humas Pemerintah Dalam Pemasaran City Branding Melalui Media Massa. Jurnal Common, 2(2).