PERAN MEDIA MASSA DALAM MEMBANGUN SEMANGAT NASIONALISME PADA MASA PERJUANGAN KEMERDEKAAN

Authors

  • Amrina Rosada Universitas Pamulang
  • Ratna Sari Universitas Pamulang
  • Maria Bulu Doni Universitas Pamulang
  • Abdul Ghofur Universitas Pamulang
  • Tajudin Universitas Pamulang

Keywords:

Media Massa, Nasionalisme, Perjuangan Kemerdekaan

Abstract

Media massa memainkan peran kunci dalam membangun semangat nasionalisme di Indonesia selama masa perjuangan kemerdekaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana media massa seperti surat kabar dan radio menjadi alat strategis untuk menyebarkan pesan-pesan nasionalis dan memperkuat solidaritas rakyat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis dokumen sejarah dan literatur relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media massa berfungsi sebagai penggerak utama dalam menyatukan identitas nasional, meningkatkan kesadaran kolektif, dan menginspirasi perlawanan terhadap kolonialisme. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada analisis strategi komunikasi media dalam konteks pembangunan nasionalisme selama periode yang krusial tersebut.

References

Adryamarthanino, V., & Nada, N. N. (2023). Peran Radio pada Masa Kemerdekaan. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/stori/read/2023/07/09/100000779/peran-radio-pada-masa-kemerdekaan-

Azhari, P. I., Sidiq, R., & Purnamasari, I. (2022). Bahan Ajar Sejarah Perjuangan Bangsa Melalui Pers di Sumatera Utara Tahun 1916-1925.

Bachtiar, A. Y., Perkasa, D. H., & Sadikun, M. R. (2016). Peran Media Dalam Propaganda. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2).

Choiriyati, S. (2015). Peran Media Massa Dalam Membentuk Opini Publik. Jurnal UML, 2(2), 21-27.

Default, S. (2017). Pengertian Media Massa Menurut Para Ahli. Retrieved from PakarKomunikasi.com: https://pakarkomunikasi.com/media-massa-menurut-para-ahli

Hendra, T. (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 1(2), 136-152.

Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119-138.

Mahatama, R. (2021). Penyebaran Berita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Wilayah Indonesia. Retrieved from Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/paparan-topik/2021/08/19/penyebaran-berita-proklamasi-kemerdekaan-republik-indonesia-di-wilayah-indonesia

Media, P. (2009). MEDIA MASSA DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KALIMANTAN SELATAN. Retrieved from Media Publik: https://mediapublikonline.blogspot.com/2009/08/media-massa-dalam-perjuangan.html

Mukarom, Z. (2021). Teori – Teori Komunikasi Berdasarkan Konteks. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prabowo, G., & Gischa, S. (2022). Peran Pers dalam Perjuangan Pergerakan Nasional. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/22/132521669/peran-pers-dalam-perjuangan-pergerakan-nasional

Senikomunikasi.com. (n.d.). Pengertian Media Massa Plus Karakteristik, Jenis, Fungsi, dan Perannya. Retrieved from Seni Komunikasi: https://senikomunikasi.com/pengertian-media-massa-dan-karakteristiknya/

Wahyudin, U., & Erlandia, D. R. (2018). Peran Humas Pemerintah Dalam Pemasaran City Branding Melalui Media Massa. Jurnal Common, 2(2).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Amrina Rosada, Ratna Sari, Maria Bulu Doni, Abdul Ghofur, & Tajudin. (2022). PERAN MEDIA MASSA DALAM MEMBANGUN SEMANGAT NASIONALISME PADA MASA PERJUANGAN KEMERDEKAAN. Generasi Pancasila, 2, 1–11. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46723