WARISAN SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK GENERASI MASA DEPAN

Authors

  • Bae’ah Universitas Pamulang
  • Pipit Fitria Universitas Pamulang
  • Karmila Universitas Pamulang
  • Alfin Ramadhan Universitas Pamulang
  • Amrizal Siagian Universitas Pamulang

Keywords:

Pemahaman Sejarah, Warisan Sejarah, Kemerdekaan Indonesia, Pendidikan, Pengajaran Interaktif, Generasi Muda

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana warisan sejarah sangat berperan penting untuk menjadi sumber pembelajaran bagi generasi muda di masa depan. Sejarah adalah bidang ilmu yang berfokus pada sejarah dan didasarkan pada penafsiran peristiwa masa lalu yang didokumentasikan dalam bentuk tulisan atau tanda-tanda yang lain. Masalah yang di angkat dalam penelitian ini yaitu terkait rendahnya minat pemuda terhadap sejarah sejarah perjuangan kemerdekaan.tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor Langkah atau cara yang efektif dalam mengintegrasikan sejarah kemerdekaan  ke dalan Pendidikan modern.metode penelitian yang di gunakan adalah studi kualitatif dengan wawancara secara mendalam.melalui metode studi literatur ,penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber untuk memahami fenomena sejarah dan manfaatnya bagi generasi muda .Hasil dari penelitian ini  menunjukan sejarah bukan hanya sebagai catatan masa lalu ,tetapi sebagai pembentuk karakter serta identitas bangsa.para generasi muda sangat di harapkan berperan aktif dalam pelestarian warisan kemerdekaan Indonesia  baik secara formal maupun informal.dengan begitu generasi muda dapat menjadi agen perubahan untuk melanjutkan warisan kemerdekaan Indonesia di dalam kehidupan sehari hari.

References

Asifa, P., Azzahra, D., Putri, R. A., & Anzalinal, N. (2024). Peran Penting Generasi Muda dalam Menjaga Identitas Bangsa. 8, 25982–25991.

Fahrezi, M. S., Aulia, P. A., & Santoso, G. (2023). Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Membela Tanah Air dengan Segenap Jiwa : Peran dan Tanggung Jawab Generasi Muda dalam Menjaga Kedaulatan dan Kepentingan Bangsa Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(02), 391–404.

Firdaus, D. R. (n.d.). Pentingnya sejarah bagi generasi muda.

Muda, G., Sumantri, P. H. E., & Ed, M. (1987). Generasi dan Generasi Muda. 1–35.

Ramadhan, M. H., Ihksan, N. M., & Aditya, R. (2024). Perbandingan Pengetahuan Generasi Milenial dan Generasi Z Mengenai Sejarah Indonesia. Kultura: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(6), 71–81.

Sa, D., Maulana, H., & Warto, W. (2023). Konsep Dasar Sejarah : Implementasinya Dalam Pembelajaran. 1(4).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Bae’ah, Pipit Fitria, Karmila, Alfin Ramadhan, & Amrizal Siagian. (2022). WARISAN SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK GENERASI MASA DEPAN . Generasi Pancasila, 2, 19–22. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46729