TANTANGAN, KENDALA, PANDANGAN, DAN KONDISI PEMBELAJARAN PKN AKIBAT PENGEMBANGAN KURIKULUM DARI OFFLINE MENJADI DARING

Authors

  • Zhafirah Auliya Eka Putri Universitas Pamulang
  • Alinurdin Universitas Pamulang

Keywords:

Kurikulum, Kondisi Pembelajaran Daring, Tantangan Kurikulum 2013 Saat Daring

Abstract

Kurikulum merupakan hal pokok dan yang paling utama bagi sebuah pembelajaran. Tanpa adanya kurikulum, tentu pendidikan menjadi tidak terarah dan sulit melahirkan generasi-generasi yang berkualitas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Namun ironisnya, kurikulum 2013 ini harus terselenggara di masa pandemi Covid-19. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan juga kritik mengenai kurikulum daring yang dilaksanaan saat pandemi. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka.Tantangan bagi kurikulum 2013 yang diberlakukan secara daring ataupun offline sebetulnya masih sama yaitu bagaimana meningkatkan totalitas guru dalam upaya meningkatkan kompetensi pada guru, seperti kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan juga sosial. Pada pembelajaran daring tentu kemampuan guru dalam menggunakan teknologi di uji, guru di tuntut harus mampu memberikan pembelajaran yang tetap mempertahankan kreativitasnya, tetapi dengan mengkombinasikannya dengan penggunaan teknologi. Selain itu, Kendala yang di hadapi dalam implementasi kurikulum 2013 di masa pandemi yang paling pokok adalah mengenai keterbatasan sumber daya manusia dan sarana prasarana. Pandangan masyarakat mengenai pembelajaran daring juga hampir semua tidak menyetujui adanya pembelajaran secara daring ini dikarenakan tidak semua orang tua mampu mendampingi anak belajar di rumah karena ada tanggung jawab yang lain seperti urusan pekerjaan, urusan rumah, dan lain sebagainya. Dan kondisi pembelajaran PPKN saat diberlakukan daring tentunya kurang efektif karena cakupan materi dalam PPKN lumayan cukup berat dan cukup mengkhawatirkan adanya kesalahpahaman penangkapan materi.

References

Mark Lloyd, Bethel Ghebru. (2019). Dari pendidikan kewarganegaraan ke kewarganegaraan: Menuju orientasi kewarganegaraan yang lebih kuat dalam kurikulum CEE Ethiopia. International Journal of Educational Development, 4 – 8.

D. Brent Edwards Jr, Mina Chiba, Manca Sustarsic, Sara Perriton. (2021). Menyelidiki pengajaran dan pembelajaran untuk pembangunan berkelanjutan dan kewarganegaraan global: Implikasi dari tinjauan sistematis terhadap literatur. Jurnal Internasional Pengembangan Pendidikan, 5 – 9.

Mukhlison. (2021). Kendala pembelajaran jarak jauh dan solusinya. https://www.stitalkifayahriau.ac.id/kendala-pembelajaran-jarak-jauh-dan-solusinya/ (Diakses pada 01 Juni 2022, pukul 07:41 WIB).

Umar Abdul Aziz. (2020). Pendapat saya tentang pembelajaran jarak jauh secara online. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pendapat-saya-tentang-pembelajaran-jarak-jauh-secara-online/ (Diakses pada 01 Juni 2022, pukul 08:00 WIB).

Helmi Supriyatno. (2014). Tantangan dan harapan kurikulum 2013. https://www.harianbhirawa.co.id/tantangan-dan-harapan-kurikulum-2013/

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Putri, Z. A. E., & Alinurdin. (2022). TANTANGAN, KENDALA, PANDANGAN, DAN KONDISI PEMBELAJARAN PKN AKIBAT PENGEMBANGAN KURIKULUM DARI OFFLINE MENJADI DARING. Generasi Pancasila, 2, 108–116. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/46874