MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SEDERHANA MELALUI PERAGA EDUKATIF DI PANORAMA SERPONG

Authors

  • Ihat Solihat Universitas Pamulang
  • Edi Tri Astuti Universitas Pamulang

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademik: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui PKM sivitas akademik dapat hadir di tengah-tengah masyarakat. Melihat lokasi kampus yang tidak jauh dengan lokasi Perumahan Panorama Serpong Pamulang, maka sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Pamulang (Unpam) untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya Fisika berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja tetapi juga merupakan proses penemuan. Permasalahan yang timbul yaitu tidak adanya media pembelajaran yang memadai untuk menjelaskan suatu konsep. Pembelajaran yang efektif seyogyanya menggunakan alat peraga. Namun kebanyakan sekolah masih merasakan kurangnya sarana dan prasarana tersebut. Alat peraga masih cukup sulit didapatkan. Hal ini akan mempersulit siswa dalam memahami konsep, jadi dosen harus kreatif dan inovatif. PKM dengan judul: “Media Pembelajaran Fisika Sederhana Melalui Peraga Edukatif di Perumahan Panorama Serpong†secara umum berjalan dengan lancar dan tertib. Pengunjung antusias dalam menyimak penjelasan materi teori dan aksi peragaan yang diberikan. Antusiasme pengunjung pun berlanjut saat tanya jawab seputar peragaan. Kegiatan PKM ini dinilai berjalan efektif karena tingkat ketertarikan pengunjung cukup tinggi terhadap pembelajaran Fisika.

Kata kunci: IPA, Fisika, Peraga

References

_____, 2011, Experiments in Physics, Physics 1493/1494/2699, Columbia University, 2011 Edition, p. 5, 118-133.

Anonim. 2009. Alat Peraga IPA Sederhana: Solusi Pembelajaran IPA di Sekolah. Diakses dari http://ypwi.or.id/index.php?option=com.content@vi ew=article@id=98:alat-peraga-IPA-di-sekolah pada tanggal 31 Oktober 2011.

Herawati, Susilo., 2000. Pendidikan MIPA Tingkat Dasar dan Menengah Era globalisasi di Filipina. Proceeding Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan MIPA di Era Globalisasi. FMIPA UNY.

Maryunis, Aleks., 2000. Srategi Peningkatan Kualitas Pendidikan MIPA LPTK, Proceeding Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan MIPA di Era Globalisasi. FMIPA UNY.

Wahyudi, 2000. Paradigma Baru Pendidikan Sains, Proceeding Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan MIPA di Era Globalisasi. FMIPA UNY.

Wayan Santyasa. 2008. Pengembangan Pemahaman Konsep. Diakses melalui www.freewebs.com/Pengembangan_Pemahaman_Konsep, pada tanggal 1 November 2017

Downloads

How to Cite

Solihat, I., & Astuti, E. T. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SEDERHANA MELALUI PERAGA EDUKATIF DI PANORAMA SERPONG. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 78–93. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/11411

Issue

Section

Articles