SOSIALISASI PELATIHAN LAS TIG (TUNGSTERN INERT GAS) PADA SISWA TBSM DI SMK ISLAM INSAN MULIA PAGEDANGAN TANGERANG BANTEN

Authors

  • Tatang Suryana Universitas Pamulang
  • Nailul 'Atifah Universitas Pamulang
  • Moch. Syaiful Anwar UNiversitas Pamulang
  • Sugiyono Sugiyono Universitas Pamulang
  • Ahmad Maulana Soehada Sebayang Universitas Pamulang

Abstract

Las adalah sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas. Dalam proses penyambungan ini adakalanya disertai dengan tekanan dan material tambahan (filler material). Teknik pengelasan secara sederhana telah diketemukan dalam rentang waktu antara 4000 sampai 3000 SM. Setelah energi listrik dipergunakan dengan mudah, teknologi pengelasan maju dengan pesatnya sehingga menjadi sesuatu teknik penyambungan yang mutakhir. Hingga saat ini telah dipergunakan lebih dari 40 jenis pengelasan.

Kajian mengenai kontruksi dan manufaktur telah banyak dibahas sebagai studi kasus dalam beberapa mata kuliah yang diselenggarakan pada sistem kurikulum di Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pamulang (UNPAM). Matakuliah-matakuliah yang dimaksud misalnya adalah Elemen mesin, mekanika kekuatan material, uji tak merusak, proses produksi, dan teknik manufaktur. Mata kuliah tersebut pernah dan sedang diampu oleh beberapa dosen pengusul yang terlibat pada kegiatan pengabdian masyarakat di semester ini. Selain itu dosen pengusul juga beberapa kali terlibat dalam penelitian mengenai bidang energi terbarukan salah satunya adalah rekayasa konversi energi matahari. Mahasiswa yang sedang dan pernah terlibat dalam perkuliahan-perkuliahan tersebut juga diharapkan terlibat aktif dan dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh di bangku  kuliah dengan terlibat dalam agenda pengabdian masyarakat yang bertemakan pelatihan praktek pengelasan ini.

Kata Kunci: sosialisasi, pemanfatan, TIG, Lasan, para siswa, SMKI Insan Mulia

References

B.H. Amstead, Phillip F. Ostwald, Myron L. Begeman, Manufacturing Processes, Seventh Edition, John Wiley & Sons Inc., New York, 1979.

Flemings, M.C.Solidification Processing, New York : McGraw-Hill, 1974,

Harsono Wiryosumarto, Toshie Okumura, Teknologi Pengelasan Logam, Cetakan Keenam, PT Pradnya Paramita, Jakarta, 1994.

Kalpakjian, Manufacturing Engineering and Technology, Third Edition, Addison-Wesley Publishing Company, New York, 1995.

Mikell P. Groover, Fundamentals of Modern Manufacturing, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey, 1996.

Metal Handbook,9th ed. Vol. 14: Forming and Forging. Metal Park, Ohio: ASM International, 1988.

Tata Surdia, Kenji Chijiwa, Teknik Pengecoran Logam, Cetakan Ketujuh, PT Pradnya Paramita, Jakarta, 1996.

Downloads

Published

2020-11-15

How to Cite

Suryana, T., ’Atifah, N., Anwar, M. S., Sugiyono, S., & Sebayang, A. M. S. (2020). SOSIALISASI PELATIHAN LAS TIG (TUNGSTERN INERT GAS) PADA SISWA TBSM DI SMK ISLAM INSAN MULIA PAGEDANGAN TANGERANG BANTEN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–43. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/11412

Issue

Section

Articles