SOSIALISASI MESIN AIR MINUM PORTABEL BERBASIS PENUKAR ION DI PANCORAN MAS DEPOK

Authors

  • Fifit Astuti Universitas Pamulang
  • Yohan Yohan Universitas Pamulang
  • Silviana Simbolon Universitas Pamulang

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademik: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui PKM sivitas akademik dapat hadir di tengah-tengah masyarakat. minum merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang dikonsumsi sehari-hari, sehingga pemahaman mengenai air perlu disampaikan kepada masyarakat seperti pengertian golongan air yaitu air minum, air bersih, air kolam renang, dan air pemandian umum berdasarkan Permenkes Nomor : 416/MEN.KES/PER/IX/1990 [1]. Secara umum kondisi air sumur daerah Pancoran Mas Depok sudah tercemar yang disebabkan oleh kepadatan penduduk, banyaknya pertumbuhan industri baru, tercemar limbah pertanian dan peternakan. Selain itu pemahaman masyarakat yang belum memahami pentingnya kualitas kelayakan air minum. Sehingga perlu adanya sosialisasi pentingnya air bersih dan air minum.

Universitas Pamulang khususnya Program Studi Teknik Mesin telah melakukan beberapa upaya dalam pengembangan teknologi pengolahan air salah satunya mesin pengolahan air berbasis penukar ion. Mesin penukar ion merupakan salah satu metode yang baik untuk mengurangi kadar logam pada air yang dapat diregenerasi yang tidak dapat dilakukan mesin air reveses osmosis. Dengan adanya program pengabdian masyarakat yang mengharuskan setiap dosen berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi kepada masyarakat, maka akan dilakukan Sosialisasi Mesin Air Minum Portable Berbasis Penukar Ion di daerah Pancoran Mas, Depok. Dengan program ini memberikan dampak positif untuk warga Pancoran Mas Depok tentang wawasan pengolahan air bersih dan air layak minum, selain itu program ini mendukung Program Pemerintah tentang Indonesia Sehat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini tidak hanya pada warga, tetapi juga kepada dosen sebagai pelaku pengabdian masyarakat yaitu berupa terpenuhinya tugas Tri Dharma sebagai dosen sekaligus mendukung visi misi Universitas Pamulang yaitu menuju 40 besar Nasional yang dilandasi humanis dan religius. Luaran pada program ini salah satunya bertambahnya wawasan masyarakat tentang air bersih dan air layak minum dan luaran berupa dalam bentuk jurnal pengabdian masyarakat di 2020. 

Kata Kunci: Air minum, Air bersih, Penukar Ion, Pengabdian, Masyarakat

References

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 416/MEN.KES/PER/IX/1990 Tahun 1990 tentang Syarat-Syarat Dan Pengawasan Kualitas Air, 2002.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum. Jakarta: Depkes RI; 2010.

Badan Standardisasi Nasional (2015). SNI 3553:2015 Standar Nasional Indonesia Air Mineral. Jakarta.

Downloads

Published

2020-11-15

How to Cite

Astuti, F., Yohan, Y., & Simbolon, S. (2020). SOSIALISASI MESIN AIR MINUM PORTABEL BERBASIS PENUKAR ION DI PANCORAN MAS DEPOK. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 44–52. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/11413

Issue

Section

Articles