PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAGAI OPERASI MATEMATIKA UNTUK PERHITUNGAN CEPAT DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TANGERANG SELATAN

Authors

  • Ersam Mahendrawan Universitas Pamulang
  • Edi Tri Astuti Universitas Pamulang
  • Ihat Solihat Universitas Pamulang
  • Agustina Dyah Setyowati Universitas Pamulang
  • Eko Hari Sutopo Universitas Pamulang

Abstract

Matematika dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit, rumit karena berhubungan dengan angka, rumus dan hitungan. Pemikiran yang seperti itu jelas akan berpengaruh terhadap penguasaan matematika karena sudah ada rasa antipati sehingga sulit untuk memahami pelajaran matematika. Hal demikian tidak dapat dipungkiri terlihat dari rendahnya nilai hasil belajar siswa-siswi. Padahal dengan belajar matematika secara tidak langsung melatih siswa-siswi untuk berfikir secara rasional dan lebih mengedepankan logika. Diperlukan ketekunan dan kerajinan berlatih dari siswa-siswi`untuk memahami berbagai macam materi yang ada di dalam matematika. Di samping itu para pengajar diharapkan memikirkan bagaimana cara mengajar yang mudah dipahami oleh siswa-siswi dengan metode pembelajaran yang bisa membuat setiap siswa-siswi merasa senang dan termotivasi untuk mempelajarinya. Perlu menjelaskan manfaat penguasaan matematika kepada siswa-siswi, diantaranya: (1) Matematika selalu digunakan dalam segala aspek kehidupan, (2) Hampir semua mata pelajaran memerlukan matematika, (3) Matematika merupakan sarana komunikasi, (4) Meningkatkan kemampuan berpikir logis dan teliti, dan (5) Memecahkan masalah yang menantang. Tujuan PkM ini adalah membantu memotivasi dan menumbuhkan minat siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Kota Tangerang Selatan untuk lebih menyukai IPA khususnya Matematika. Metode PkM dilakukan adalah metode drill melalui pemaparan berbagai operasi matematika secara interaktif, menarik, disertai langkah penyelesaian, tip, trik dan diperagakan secara fun namun penuh dengan unsur edukatif. Oleh karena itu judul PkM yang kami ajukan adalah “Peningkatan Kemampuan Berbagai Operasi Matematika Untuk Perhitungan Cepat Di SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatanâ€. Hasil PkM menunjukkan bahwa setelah dilakukan pemaparan, nilai post test siswa-siswi meningkat dibandingkan saat pre test.               

Kata Kunci :  operasi matematika, berhitung cepat

References

Ansori, H., & Sutresna, W. B. O. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp Negeri Alalak Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4630

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Denia, A., Mandailina, V., & Syaharuddin. (2018). Pengembangan Lks Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Aritmatika. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 214–219.

Dewanti, N. A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Berdasarkan Kesulitan Belajar Faktor Intelektual Siswa Pada Kelas VIII B SMP N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 26. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2492

Ferra yanuar, Dr. et all, Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan “Fun Math di SDN No. 42 Korong Gadang, Iptek berbasis Program Studi Dan Nagari Binaan (IBPSNB), Universitas Andalas Padang, 2018

Frida Amri Chusna, Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta September 2016

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1), 35.

https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406

Hayatun nisa, N., & Nursuprianah, I. (2013). Pengaruh Pemahaman Konsep Aritmatika Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.39

Kurniati, I., Said, H. B., & Hidayat, A. F. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 70.

https://doi.org/10.33087/phi.v3i2.69

Murni Sulistyaningsih, Derel Filandy Kaunang, Navel Oktaviandy Mangelep, Matappa, Pkm Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Alat Peraga Berbasis Pendekatan Matematika Realistik: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 1, Nomor 2, September 2018

Downloads

Published

2020-11-15

How to Cite

Mahendrawan, E., Astuti, E. T., Solihat, I., Setyowati, A. D., & Sutopo, E. H. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAGAI OPERASI MATEMATIKA UNTUK PERHITUNGAN CEPAT DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TANGERANG SELATAN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 19–25. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/11422

Issue

Section

Articles