PENGETAHUAN DASAR TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN SERVIS MOBIL PADA YAYASAN TEBAR IMAN (YTI) JL. CENDRAWASIH, CIPAYUNG, KEC. CIPUTAT, KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN

Authors

  • Farid Wazdi Universitas Pamulang
  • Sujianto Sujianto Universitas Pamulang
  • Jaim Jaim Universitas Pamulang
  • Nur Rohmat Universitas Pamulang
  • Suhaeri Suhaeri Universitas Pamulang

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian yang terintegrasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademik dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui PKM sivitas akademik dapat hadir di tengah-tengah masyarakat.

Yayasan Tebar Iman (YTI) yang berlokasi di jalan Cendrawasih, kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan berdiri sejak tahun 1995 merupakan yayasan yang didirikan oleh karyawan di lingkungan Departemen Kuangan (Direktorat Jenderal Pajak) yang telah memasuki masa purnabakti, sebagai wadah yang memberi ruang bagi anggotanya untuk berkontribusi pada generasi penerus, terutama remaja putus sekolah. Hingga saat ini YTI telah melatih lebih dari 900 remaja putus sekolah dengan mengikuti pendidikan keterampilam. Selain mendapat bekal berupa keterampilan yang dapat dipilih sesuai minat, seperti otomotif, elektronika, menjahit, dan memasak, peserta pendidikan juga dibekali pengetahuan kewirausahaan, sehingga mereka dapat merintis usaha mandiri dengan bekal keterampilan yang didapat selama menempuh pendidikan di YTI. Dengan menyesuaikan pendidikan keterampilan yang diajarkan di YTI yaitu otomotif, maka civitas Teknik Mesin Universitas Pamulang melakukan PKM dengan judul Pengetahuan Dasar Kendaraan Ringan dan Service Mobil pada Yayasan Tebar Iman, Jl. Cendrawasih, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Pelaksanaan PKM akan memberikan ilmu pengetahuan dan teknik khususnya berkaitan dengan cara perawatan mesin kendaraan dimana salah satunya kendaraan mobil. Tema ini dipilih dikarenakan pertumbuhan populasi mobil semakin meningkat terutama untuk di daerah perkotaan. Pertumbuhan populasi ini seiring dengan kebutuhan untuk perawatan dan perbaikan mobil tersebut. Kebutuhan tersebut adalah potensi yang bisa diambil masyarakat dengan pengetahuan mengenai kendaran ringan tersebut dan cara-cara perawatannya. 

Kata kunci: Servis mobil, Teknik kendaraan ringan, Yayasan Tebar Iman

References

Basuki, S., 2018, Panduan Praktis Perawatan Mobil, Gava Media, Malang

Sudarwanto, M., 2011, Sistem Kelistrikan Mobil Kendaraan Ringan, Insania, Yogyakarta

Daryanto, 2002, Teori dan Perawatan Mesin Mobil, Yrama Widya, Bandung

Downloads

Published

2021-08-29

How to Cite

Wazdi, F., Sujianto, S., Jaim, J., Rohmat, N., & Suhaeri, S. (2021). PENGETAHUAN DASAR TEKNIK KENDARAAN RINGAN DAN SERVIS MOBIL PADA YAYASAN TEBAR IMAN (YTI) JL. CENDRAWASIH, CIPAYUNG, KEC. CIPUTAT, KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26–32. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/12821

Issue

Section

Articles