PENDAMPINGAN USAHA PENGELASAN KARANG TARUNA SARIMULYA

Authors

  • Budi Kaliwanto Universitas Pamulang
  • Bambang Herlambang Universitas Pamulang
  • Ahsonul Anam Universitas Pamulang
  • Deden Rosid Waltam Universitas Pamulang
  • Sunardi Sunardi Universitas Pamulang

Abstract

Pengelasan bisa menjadi salah satu peluang usaha yang dapat dikembangkan karena perolehan keuntungan dari usaha pengelasan juga sangat menjanjikan. Jika pelaku usaha tinggal di daerah padat penduduk seperti perumahan yang menggunakan pagar, tralis dan pintu besi maka kebutuhan pengelasan menjadi sangat tinggi. Apalagi sekarang banyak perumahan baru yang dibangun, maka kebutuhan untuk pagar, tralis dan pintu besi semakin meningkat. Pelaku usaha yang ingin menjalankan usaha pengelasan, juga diperlukan beberapa strategi untuk mendukung kelancaran usaha yang dijalankan. Kendala yang dihadapi adalah aspek proses dan aspek manajemen. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dalam menyelesaikan baik pada aspek proses produksi maupun aspek manajemen. Mitra dalam kegiatan PKM ini adalah para pemuda yang tergabung dalam organisasi karang taruna untuk menjalankan usaha pengelasan. Selama ini, usaha pengelasan tersebut dilaksanakan berdasarkan pengalaman seadanya tanpa adanya pengetahuan dan perencanaan yang memadai. Hal ini membuat usaha pengelasan menjadi kurang berkembang dan tidak mengalami peningkatan dari sisi omset dan keuntungan. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan mitra, terdapat beberapa masalah yang dihadapi baik dalam proses pemilihan lokasi, peralatan, desain usaha, proses eksekusi pengelasan maupun pemasaran. Belum adanya pengetahuan teknologi pengelasan yang memadai dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha pengelasan membuat usaha pengelasan dijalankan tanpa perencanaan dan pengawasan yang baik. Masalah selanjutnya yang dihadapi mitra adalah masih dicampuradukkannya antara uang hasil usaha dengan uang pribadi, sehingga manajemen usaha para mitra belum rapi. Solusi yang diberikan dalam kegiatan PKM ini adalah sebagai berikut: 1. Aspek produksi: Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh mitra maka solusi untuk aspek usaha antara lain membuat panduan model mengenai manajemen mutu baik dalam proses pemilihan alat dan bahan serta proses pengelasan. 2. Aspek manajemen: Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah memberikan pelatihan manajemen bisnis/usaha meliputi perencanaan sampai pengendalian baik dalam aspek produksi ataupun manajemen. 3. Aspek kenyamanan dan kepuasan pelanggan: Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah memberikan strategi membuat kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan ketika melakukan pelayanan pengelasan, sehingga pelanggan tidak hanya sekali dalam melakukan pembuatan pagar, tralis, namun akan kembali dan kembali lagi karena merasa nyaman dan puas dengan pelayanan. Mereka akan menjadi pelanggan yang setia, dan bahkan akan menjadi pelanggan yang akan menarik calon pelanggan lainnya. 

Kata kunci: pengelasan, bimbingan manajemen, strategi pemasaran, kenyamanan, kepuasan pelanggan.

References

Menteri PUPR: “Kebutuhan perumahan di Indonesia masih tinggi†(https://ppdpp.id/menteri-pupr-kebutuhan-perumahan-di-indonesia-masih-tinggi/)

Hingga 2025, Kebutuhan Rumah di Indonesia Tembus 30 Juta Unit (https://money.kompas.com/read/2016/09/17/195151226/hingga.2025.kebutuhan.rumah.di.indonesia.tembus.30.juta.unit)

ASM International (2003). Trends in Welding Research. Materials Park, Ohio: ASM International. ISBN 0-87170-780-2.

Cary, Howard B (2005). Modern Welding Technology. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education. ISBN 0-13-113029-3.

Hicks, John (1999). Welded Joint Design. New York: Industrial Press. ISBN 0-8311-3130-6.

Kalpakjian, Serope (2001). Manufacturing Engineering and Technology. Prentice Hall. ISBN 0-201-36131-0.

Lincoln Electric (1994). The Procedure Handbook of Arc Welding. Cleveland: Lincoln Electric. ISBN 99949-25-82-2.

Weman, Klas (2003). Welding processes handbook. New York, NY: CRC Press LLC. ISBN 0-8493-1773-8.

Downloads

Published

2021-08-29

How to Cite

Kaliwanto, B., Herlambang, B., Anam, A., Waltam, D. R., & Sunardi, S. (2021). PENDAMPINGAN USAHA PENGELASAN KARANG TARUNA SARIMULYA. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 39–49. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/12823

Issue

Section

Articles