KOMUNIKASI MASSA TENTANG WABAH PENYAKIT COVID-19 KEPADA WARGA DESA SARIMULYA

Authors

  • Nurul Ashri Universitas Pamulang
  • Ratih Andalusi Universitas Pamulang

Abstract

 

Dalam upaya pencegahan meluasnya wabah virus corona, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Namun kenyataannya, masih banyak ditemukan sebagian besar warga desa Sarimulya yang melanggar aturan PSBB seperti beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan masker, berkendera dengan jumlah penumpang melebihi batas dan menyelenggarakan acara perkumpulan massa. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, diperlukan suatu komunikasi massa tentang wabah penyakit Covid-19 menggunakan media komunikasi teknis efektif secara satu arah, misalnya Zoom. Kegiatan PKM ini sendiri bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas agar sebagian besar warga desa Sarimulya mampu memilah informasi yang benar seputar virus corona dan juga mampu mengambil langkah pencegahan yang tepat agar tidak terinfeksi virus corona tanpa menjadi panik. Selanjutnya; kegiatan pelatihan, pendampingan serta praktik langsung diterapkan pada kegiatan PKM ini. Oleh karenanya, kegiatan PKM ini memberikan hasil yang bermanfaat besar bagi warga desa Sarimulya, yaitu memberikan wawasan dan pengetahuan yang jelas mengenai wabah penyakit Covid-19. 

Kata Kunci : komunikasi, massa, wabah, covid-19, warga desa

References

Anonim. https://www.Okezone.com. “alasan warga enggan pakai maskerâ€. Diakses pada bulan Maret 2020.

Aristoteles, 1954, Rhetoric and Poetics, Random House, New York.

F. Williams, 1982. The Communication Revolution, Sage Publications, Baverly Hills.

G. Gerbner, 1967, Mass Media and Human Communication Theory, Holt, Rinehart, & Winston, New York.

G. Lindzey dan E. Aronson, Psychology, Addison-Wesley, Reading.

G. Maletzke, 1963, Psychology der Massenkomunikation: Theorie und Systematik, Verlag Hans-Bredow Institut, Hamburg.

J. Rakhmat, 2005, Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung

Roberts, 1977, The Nature of Communication Effects: The Process and Effects of Mass Communication, University of Illinois Press, Urbana.

T. Nurhalima. 2018. Pengaruh Komunikasi Massa terhadap Khalayak. Jurnal Simbolika. Vol. 4 No. 1. ISSN: 2442- 9198X (Print). ISSN: 2442-9996 (Online).

W. Weiss, 1969, Effects of Mass Media of Communication, The Handbook of Social.

Downloads

Published

2021-08-29

How to Cite

Ashri, N., & Andalusi, R. (2021). KOMUNIKASI MASSA TENTANG WABAH PENYAKIT COVID-19 KEPADA WARGA DESA SARIMULYA. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63–69. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/12827

Issue

Section

Articles