PENYULUHAN PERAWATAN AC SPLIT RUMAH TANGGA WARGA DI PARAKAN RT 005/RW05 BAMBU APUS PAMULANG, TANGERANG SELATAN - BANTEN

Authors

  • Jaja Miharja Universitas Pamulang
  • Giyanto Giyanto Universitas Pamulang
  • Hery Adrial Universitas Pamulang
  • Thohirudin Thohirudin Universitas Pamulang
  • Heru Santosa Universitas Pamulang

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademik: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui PKM sivitas akademik dapat hadir di tengah-tengah masyarakat.

Melihat lokasi kampus yang tidak jauh dengan lokasi Ciledug 1 Bambu Apus Pamulang Tangerang Selatan, maka sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Pamulang (Unpam) untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh.

Penggunaan mesin AC untuk dirumah sudah bukan merupakan hal yang eksklusif, tetapi sudah hampir masyarakat umum menggunakan mesin pendingin demi kenyamanan. Oleh karena itu sistem perawatan mesin pendingin menjadi suatu hal yang penting.

PKM dengan judul: “Penyuluhan Perawatan AC Split Rumah Tangga Warga di Ciledug 1 RT.05 RW.05 Bambu Apus Pamulang Tangerang Selatan - Banten†secara umum berjalan dengan lancar dan tertib. Pengunjung antusias dalam menyimak penjelasan dan aksi peragaan yang diberikan. Antusiasme pengunjung pun berlanjut saat tanya jawab seputar peragaan. Kegiatan PKM ini dinilai berjalan efektif karena tingkat ketertarikan pengunjung cukup tinggi terhadap sistem perawatan mesin pendingin. 

Kata kunci : Penyuluhan,Mesin Pendingin, Perawatan

References

Arismunandar, W., Saito, H., 2002, Penyegaran Udara, Cetakan K-6, PT Pradnya Paramita Jakarta.

Arora, C.P., 2000, Refrigeration and Air Conditioning, Second Edition. Tata McGraw-Hill.

Maddinsyah, A., Fauzi, I., & Barsah, A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatam-Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 259- 266.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

Miharja, J., Giyanto, G., Adrial, H., Thohirudin, T., & Santosa, H. (2021). PENYULUHAN PERAWATAN AC SPLIT RUMAH TANGGA WARGA DI PARAKAN RT 005/RW05 BAMBU APUS PAMULANG, TANGERANG SELATAN - BANTEN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 62–70. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/15564

Issue

Section

Articles