APLIKASI READING STRATEGY KEPADA PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PRIMAGAMA PAMULANG
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional penting yang perlu dikembangkan dalam berbagai aspek termasuk aspek pendidikan. Namun, terdapat kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam ranah kemampuan membaca teks-teks Bahasa Inggris. Permasalahan tersebut terjadi pada sebagian peserta didik di lembaga Primagama yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti motivasi, metode pengajaran, alokasi waktu serta bahan ajar yang dipakai selama ini. Melalui kegiatan PKM, tim dosen Unpam berupaya untuk mengatasi persoalan yang dihadapai peserta didik Primagama dengan cara memberikan motivasi yang baik, menerapkan metode pengajaran yang tepat, memenuhi alokasi waktu yang kurang dan memberikan bahan ajar yang memadai. Metode pelaksanaan PKM yang dilakukan meliputi rencana kegiatan, metode pendekatan dan partisipasi mitra. Dapat dikatakan, kegiatan PKM yang dilakukan oleh tim dosen Unpam dan mahasiswa Unpam kepada peserta didik Primagama menuai hasil yang baik. Tim PKM Unpam memberikan informasi yang jelas dan akurat dan mendapatkan respon atau feedback dari peserta didik di Primagama sehingga terjadi perbincangan, bahkan mengarah pada dialog di antara kedua belah pihak. Selanjutnya, peserta didik di Primagama dapat menerapkan ilmu yang diterima sehingga mereka pun pada akhirnya memiliki kemampuan memahami bacaan Bahasa Inggris dalam waktu yang relatif singkat.
Kata kunci : Aplikasi, Reading Strategy, Peserta Didik Primagama Pamulang
References
Anggreani, Ria. 2017. New Upgrade Toefl Score. Yogyakarta: CMedia.
Djuharie, Otong Setiawan. 2018. 1700 Plus Bank Soal Bahasa Inggris. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Erlangga, Tim. 2012. TOEFL ITP Assessment Series. Jakarta: Erlangga.
Frank, Marcella. 1972. Modern English: A Practical References Guide. Prentice Hall.
Ikawati, Listiana. 2015. Sidak! (Siap Ulangan Dadakan) Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI dan XII. Yogyakarta: Planet Ilmu.
Kartika Dewi Sari; Pratiwi, Etty; Thereana, Ana. 2019. Effective Reading Strategies for Reading Skills. JURNAL ESTEEM (Journal of English Study Programme) ISSN 2622-2213 (media online) Vol.2, No.2
Megawati, Fika. 2016. Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. JURNAL PEDAGOGIA ISSN 2 089-3833 Volume. 5, No. 2.
Okta W, Tangguh. 2018. Menuju Top Skor Toefl. Jogjakarta: Diva Press.
Philips, Deborah. 2009. Longman Introductory Course for The TOEFL Test (With The Answer Key). America: Pearson Longman.
Priyanto, Agus : 2019. All New Big Book Toefl. Jakarta: Penerbitcmedia.
Rogers, Bruce. 2007. The Complete Guide for TOEFL Test IBT Edition. USA: Thomson Heinle.Sharpe, Pamela J. 2013. Barron’s TOEFL iBT. Jakarta: Binarupa Aksara.
TOEFL ELC-International, Tim. 2018. The King Toefl Terlengkap. Jakarta: Bintang Wahyu.
Diakses dari laman: "What is Reading Comprehension?". Reading Worksheets, Spelling, Grammar, Comprehension, Lesson Plans (dalam bahasa Inggris). 2008-05-29. Diakses tanggal 2018-03-09. [1], Maryanne Wolf (2016). Tales of Literacy for the 21st Century: The Literary Agenda. OUP Oxford. ISBN 978-0-19-103613-2 Diakses tanggal 2018-03-09.