PEMBELAJARAN KONSEP FISIKA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN PERAGAAN BAGI ANAK-ANAK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) YAYASAN BINA INSAN SATYA GUNA PAMULANG, TANGERANG SELATAN - BANTEN

Authors

  • Ihat Solihat Universitas Pamulang
  • Edi Tri Astuti Universitas Pamulang
  • Ersam Mahendrawan Universitas Pamulang

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan kewajiban dosen dan mahasiswa yang terintegral dlam kegitan Tri Dharma Perguruan Tinggi. PkM yang melibatkan segenap sivitas akademika: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui PkM sivitas akademik dapat hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai bentuk kontribusi ilmu bagi lingkungan dan masyarakat sekitar kampus. Melihat lokasi kampus yang tidak jauh dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Bina Insan Satya Guna Pamulang, Tangerang Selatan - Banten, maka sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Pamulang (Unpam) untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh. Fisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) sangat berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja tetapi juga merupakan proses penemuan. Permasalahan yang timbul dengan tidak adanya media pembelajaran yang memadai untuk menjelaskan suatu konsep. Pembelajaran yang efektif seyogyanya menggunakan alat peraga. Namun kebanyakan sekolah masih merasakan kurangnya sarana dan prasarana tersebut, alat peraga masih cukup sulit didapatkan. Hal inilah yang mempersulit siswa dalam memahami konsep, sehingga kami dari dosen Teknik Mesin bersama dengan dua mahaiswa membuat konsep Fisika yang menarik kreatif dan inovatif sehingga mudah dipahami oleh anak-anak dengan judul: “Pembelajaran Konsep Fisika Melalui Metode Eksperimen dan Peragaan Bagi Anak-anak di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Bina Insan Satya Guna Pamulang, Tangerang Selatan - Bantenâ€Kegiatan PkM ini dinilai berjalan efektif karena tingkat ketertarikan anak-anak cukup tinggi terhadap pembelajaran Fisika. PkM ini diikuti 16 anak-anak tingkat SD dengan kelas yang berbeda-beda, namun demikian tidak mengurangi antusias ketika dilakukan peragaan. 

Kata kunci : PkM, fisika, IPA, eksperimen, peragaan

References

Nurdyansyah & Luly Riananda. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology. Jurnal TEKPEN, Jilid 1, Terbitan 2, 929-930.

Nurdyansyah, Pandi Rais, Qorirotul Aini. (2017). The Role of Education Technology in Mathematic of Third Grade Students in MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School Vol. 1 (1), November 2017, 37-46 ISSN 2579. 38.

M. Yasin Kholifudin, “Pembelajaran Fisika Dengan Terbimbing Melalui Metode Eksperimenâ€, (April,2012),

M. Musfiqon., dan Nurdyansyah. N., Pendekatan pembelajaran saintifik, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center. 2015), 38.

Patmawati, Eka.2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IV Sekolah Dasar. Artikel FKIP Untan

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Solihat, I., Tri Astuti, E., & Mahendrawan, E. (2022). PEMBELAJARAN KONSEP FISIKA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN PERAGAAN BAGI ANAK-ANAK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) YAYASAN BINA INSAN SATYA GUNA PAMULANG, TANGERANG SELATAN - BANTEN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–11. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/25170

Issue

Section

Articles