PELATIHAN PEMAKAIAN ALAT UKUR DAN KESALAHAN PEMBACAAN PADA SISWA SMK PUSTEK DI KECAMATAN SERPONG UTARA TANGERANG SELATAN - BANTEN

Authors

  • Jaja Miharja Universitas Pamulang
  • Heru Santosa Universitas Pamulang
  • Hery Adrial Universitas Pamulang

Abstract

Pengukuran  adalah membandingkan suatu besaran dengan besaran standar. Besaran standar memerlukan satuan-satuan dasar. Pengukuran akan memberikan arti penting bagi manusia untuk menggambarkan berbagai fenomena alam dalam bentuk kuantitatif atau angka .Di dunia industri ada dua sistem pengukuran yang digunakan yaitu sistem inchi (British System) dan sistem metrik (Metric System). British System, berlandaskan pada satuan inchi, pound dan detik sebagai dasar satuan panjang, massa, dan waktu. Pada umumnya sistem ini digunakan di Inggris dan Amerika. Metric System (Satuan Internasional / SI) mengacu pada meter untuk pengukuran panjang, sekon untuk pengukuran waktu, dan kilogram untuk pengukuran massa. Pengukuran dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung, pengukuran langsung adalah suatu pengukuran dengan membandingkan langsung besaran uang diukur dengan besaran acuan [David Flack and John Hannaford, 2005, Richard Leach, 2020].

Alat ukur adalah alat untuk mengetahui harga suatu besaran atau suatu variabel. Prinsip kerja alat ukur harus dipahami agar alat ukur dapat digunakan dengan cermat dan sesuai dengan pemakaian yang telah direncanakan. Kesalahan penunjukan adalah nilai penunjukan jangka sorong dikurangi nilai sesungguhnya.Kesalahan kontak permukaan sebagian (partial surface contact error) adalah kesalahan penunjukan saat kontak muka ukur sebagian digunakan untuk mengukur sebuah standar pengukuran dengan muka ukur luar.

Dengan pembahasan diatas disini penulis akan memberikan pelatihan pemakaian alat ukur pada siswa SMK PUSTEK  di Kecamatan Serpong Utara  Tangerang Selatan, yaitu dengan judul “Pelatihan pemakaian alat ukur dan kesalahan pembacaan pada siswa SMK PUSTEK  di Kecamatan Serpong Utara  Tangerang Selatanâ€, dengan maksud dan tujuan para siswa SMK dapat mengetahui pemakaian dan kesalahan pembacaan pada alat ukur. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kemampuan dalam menggunakan alat ukur dan memahami cara pembacaan alat ukur serta mengetahui kesalahan umum pembacaan.

 

Kata kunci :pengukuran, alat ukur, metric system

References

Mulyadi, M., Djuhana, D., Astuti, E. T., & Sunardi, S. (2021, January). Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Dimensi Jangka Sorong Dan Mikrometer Skrup Di Smk Sasmita Pamulang. In Prosiding Senantias: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1419-1424).

Sulistiadji, K., & Pitoyo, J. (2009). Alat Ukur dan Instrumen Ukur. BBP Mektan, Serpong.[Indonesian].

Panduan Kalibrasi Jangka Sorong (SNSU PK.P-02:2020) Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi Badan Standardisasi Nasional,2020

Astuti, E. T., Mahendrawan, E., Solihat, I., Sutopo, E. H., & Setyowati, A. D. (2021). Pelatihan Pembacaan Alat Ukur Dimensi Jangka Sorong Dan Mikrometer Skrup Untuk Pengukuran Teknik di SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan. Garda-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 7-16.

http://walpaperhd99.blogspot.com/2019/02/pengertian-pengukuran-kesalahan-ketidakpastian-pengukuran.html

https://kuliah.unpatti.ac.id/mod/page/view.php?id=58#:~:text=Error%20 atau%20kesalahan%20adalah%20perbedaan,suhu%2C%20dan%20lain%2Dlain.

http://share.its.ac.id/pluginfile.php/303/mod_resource/content/1/ Kesalahan_ Pengukuran.pdf

http://smk.pustekserpong.com/

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Miharja, J., Santosa, H., & Adrial, H. (2022). PELATIHAN PEMAKAIAN ALAT UKUR DAN KESALAHAN PEMBACAAN PADA SISWA SMK PUSTEK DI KECAMATAN SERPONG UTARA TANGERANG SELATAN - BANTEN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 45–52. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/25174

Issue

Section

Articles