PEMANFAATAN MARKETPLACE DALAM UPAYA MENCIPTAKAN PELUANG BISNIS DIGITAL

Authors

  • Selly Septiani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo - Kota Serang
  • Asep Suryadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo - Kota Serang
  • Andi Romansyah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sutomo - Kota Serang

Abstract

Perkembangan teknologi internet mendukung kemajuan bidang teknologi komputer dan sistem informasi. Industri marketplace di era digital ini sangat berkembang pesat. Dengan adanya marketplace masyarakat tidak perlu lagi datang secara langsung ke toko untuk berbelanja. Dimana dengan adanya marketplace masyarakat hanya dengan satu klik saja bisa membeli barang dimanapun dan kapanpun. Sekolah SMKN Kota Serang adalah sekolah kejuruan yang fokus dalam bidang pertanian, terutama bidang agribisnis tanaman dan hasil pengolahan pertanian. Permasalahan yang terjadi adalah masih banyak anak muda yang enggan terjun ke platform digital, karena merasa sulit untuk mengakses dan bermitra dengan marketplace serta masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara memanfaatkan marketplace untuk peluang bisnis. Kebanyakan anak muda sekarang hanya memanfaatkan marketplace sebagai transaksi pembelian. Padahal dengan marketplacepun bisa melakukan transaksi penjualan. Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini diharapkan siswa dan siswi SMKN Pertanian Kota Serang mampu memanfaatkan marketplace sebagai peluang bisnis di era digitial. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu ceramah mengenai pengenalan dan pembuatan akun di marketplace serta proses pembayaran menggunakan uang elektronik (e-money), lalu pelatihan mengenai branding produk di mareketpalce dan melakukan diskusi mengenai marketpalce. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian ini siswa dan siswi mampu membuat toko online di marketplace dan bisa memasarkan produk yang dijualnya di platform marketpalce. 

Kata Kunci : marketplace, e-money, SMKN Pertanian Kota Serang

References

Annur, C. M. (2022, Februari 14). Daftar Negara Paling Sering Belanja Online, Indonesia Peringkat ke-5. Retrieved Maret 26, 2022, from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/14/daftar-negara-paling-sering-belanja-online-indonesia-peringkat-ke-5

Pramudita, B. A., Barri, M. H., Priharti, W., Rizal, A., Prihatiningrum, N., & Hidayat, I. (2022). Pemanfaatan marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha . Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 80-91 .

Rahmadani, N., Kurniawan, E., & Sena, M. D. (2021). Pemanfaatan Marketplace Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Menigkatkan Penjualan Usaha Ponsel . Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 189-194.

Raneo, A. P., Thamrin, K. M., Yunita, D., & Nurullah, A. (2021). Peluang Bisnis Multimedia di Era Pandemi Covid-19 . Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 105-112.

Sari, V. N., & Angraini, D. (2020). Revolusi Uang Digital Era 5.0 Transaksi Digital. Solok, Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

staff. (2020, Juli 16). Profil SMKN Pertanian Kota Serang. Retrieved Juni 14, 2022, from SMK Negeri Pertanian Kota Serang:

https://smkpnserang.sch.id/profil/#:~:text=Dwiyanti%20Astiyaningsih%2C%20SP.%2C%20M.Pd.

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M., Purba, S., Bachtiar, S. E., et al. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat : Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.

Tamtomo, A. B. (2021, September 28). INFOGRAFIK: 10 Marketplace Paling Banyak Dikunjungi. Retrieved Maret 26, 2022, from Kompas.Com: https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/28/200500565/infografik--10-marketplace-paling-banyak-dikunjungi

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Septiani, S., Suryadi, A., & Romansyah, A. (2022). PEMANFAATAN MARKETPLACE DALAM UPAYA MENCIPTAKAN PELUANG BISNIS DIGITAL. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 69–77. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/25200

Issue

Section

Articles