SOSIALISASI PERAWATAN MESIN PROSES PRODUKSI DI LINGKUNGAN LAB SMK

Authors

  • Kusdi Prijono Universitas Pamulang
  • Muhammad Awwaluddin Universitas Pamulang
  • Mustasyar Perkasa Universitas Pamulang

Abstract

Sosialisasi perawatan mesin proses produksi di lingkungan lab SMK merupakan salah satu cara Universitas membantu SMK untuk mendidik atau mengkaderisasi orang agar mampu melakukan fungsi perawatan terhadap alat yang dimiliki. Perawatan merupakan hal yang wajib dilakukan terhadap peralatan agar dapat berfungsi secara maksimal dan memiliki umur operasional yang panjang.  Untuk dapat melakukan proses perawatan diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang permesinan, sehingga diperlukan adanya pelatihan untuk mendukung hal tersebut. Pengabdian Kepada Masyarakat yang di laksanakan di SMK dilakukan dengan memberikan teori tentang sistem perawatan mesin serta pendampingan praktikum perawatan terhadap mesin yang dimiliki di SMK tersebut. Upaya tersebut diharapkan agar dapat membantu para guru, siswa maupun pemilik peralatan sistem produksi agar dapat mandiri dan mampu melakukan perawatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

Kata kunci: PKM, Mesin, Perawatan, Sistem Produksi, Sosialisasi

References

Brositio,T.S. 2012. Analisis sistem perawatan mesin rajut bundar di PT. Triloka bandung.Journal ilmiah preventive 12(6)32-45.

Corder, A.S. 1996. Teknik Manajeman Pemeliharaan. Jakarta: Erlangga.

Dwisaputra, P.S. 2014. Perencanaan preventive maintenance pada mesin corrugating dan mesin flexo. Journal Ilmiah Widia Teknik, 13(1)14-50.

Firman. 2013. Difinisi pemeliharaan (maintenance).

Handoko, H.T. 2011. Dasar-dasar manajeman produksi dan operasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Malik, A. 2013. Jenis-jenis mesin bubut.

Muhamad, R. 2014. Rantai Markov.

Ngadiyono, Y. 2013. Pemeliharaan mekanik industri. Edisi kesatu. Yogyakarta: Deepublish

Sari, D. 2016. Sejarah mesin bubut dan perkembangan nya.

Siswaidi. 2012. Hubungan pemeliharaan dengan proses produksi.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Prijono, K., Awwaluddin, M., & Perkasa, M. (2023). SOSIALISASI PERAWATAN MESIN PROSES PRODUKSI DI LINGKUNGAN LAB SMK. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 62–69. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/30871

Issue

Section

Articles