IDENTIFIKASI JENIS BAJA MENGGUNAKAN LARUTAN KIMIA DI KARANG TARUNA KOMPLEK PERUMAHAN PUSPIPTEK

Authors

  • Cahya Sutowo Universitas Pamulang
  • Fendy Rokhmanto Universitas Pamulang
  • Agus Budi Prasetyo Universitas Pamulang

Abstract

Baja tahan karat atau Stainless Steel merupakan baja paduan dengan kandungan unsur chrome tidak kurang dari 11%. Baja lingkungan di udara terbuka ataupun didalam fluida cair yang mempunyai tingkat serangan korosi yang berbeda. Pemilihan grade baja tahan karat yang tepat sangat menentukan ketahanan terhadap sifat tahan karat mempunyai tingkatan sesuai dengan sifat dan kegunaannya, misalnya untuk keperluan aplikasi diatas. Kenyataan di lapangan, penggunaan baja jenis tertentu bisa diganti dengan jenis lain yang lebih murah dengan spesifikasinya tidak cocok, misalkan seharusnya tipe 202 diganti dengan 304 atau bahkan 316. Oleh karena itu untuk menghidari hal itu perlu pengetahuan adanya identifikasi secara cepat terhadap jenis baja yang akan digunakan agar tidak terjadi kesalahan jenis bajanya. Keahlian dan pengetahuan tentang identifikasi ini dapat diperkenalkan kepada generasi muda sehingga dapat memilih material jenis baja yang tepat untuk digunakan sesuai aplikasinya.Identifikasi baja secara in situ dilakukan dengan menggunakan cairan kimia, waktu yang dibutuhkan dalam proses indentifikasi sangan cepat, dalam rentang waktu 1- 5 menit tergantung jenis baja yangg diuji. Teknis pengujian ini sangat mudah dan sederhana dengan meneteskan cairan kima pada permukaan baja yang diuji. Materi yang diberikan pada kegiatan ini relatif baru bagi para peserta akan tetapi merupakan pengetahuan yang sangat aplikatif untuk dipraktekan dalam rangka aktifitas terkait pemilihan material dalam bidang konstruksi.Pelaksanaan pelatihan dan praktik penggunaan identifikasi baja kepada peserta pemuda karang taruna perumahan Puspiptek Kota Tangerang Selatan secara umum berjalan dengan lancar dan tertib. Kegiatan PKM telah dilaksanakan dengan hasil yang efektif dan memuaskan yang diindaikasikan dengan peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta mengalami peningkatan dari 20% menjadi 100% peserta memahami materi yang diberikan. 

Kata kunci : Baja tahan karat, identifikasi baja, karang taruna.

References

Sulanjari, Joko Setiyono, Cahya Sutowo, Mohamad Sjahmanto, Arie Sebastian Pangemanan. (2020), Pelatihan Proses Perlakuan Panas Heat Treatment Pada Material Logam Hasil Lasan Kepada Santri Di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan Desa Keranggan, Kec Setu, Kota Tangerang Selatan, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 (Senantias 2020). Pp.1089-1092

Tata Surdia dan Shinroku Saito, (1999), Pengetahuan Bahan Teknik, Pradnya Paramita, Jakarta, pp. 69-109.

William D. Callister, Jr. (2007), Materials Science and Engineering An Introduction Department, John Wiley & Sons, Inc., 605 Third Avenue, New York, pp.364-365.

Peckner, Donald and Berstein, Irving Melvin.(1977), Handbook of Stainless Steel.pp. 20-56.

Romli. (2013), Analisis Sifat Mekanis Pengaruh Proses Pengelasan Baja Tahan Karat, Jurnal Austenit, Volume 5, Nomor 1, April 2013, pp.21-34.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2006), Model Penilaian Kelas, Jakarta: Depdiknas, pp.59.

LEVENSPIEL, O.(1999), Chemical Reaction Engineering, 3 ed., John Wiley and Sons, New York.

L.H. Van Vlack.(1983), Ilmu dan Teknologi Logam (Terjemahan), Erlangga, Jakarta.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Sutowo, C., Rokhmanto, F., & Prasetyo, A. B. (2023). IDENTIFIKASI JENIS BAJA MENGGUNAKAN LARUTAN KIMIA DI KARANG TARUNA KOMPLEK PERUMAHAN PUSPIPTEK. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 74–84. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/30874

Issue

Section

Articles