PELATIHAN MAINTENANCE KIPAS ANGIN DI TPQ ASSHIDIQ DI DESA SURADITA KECAMATAN CISAUK KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Irwan Aranda Universitas Pamulang
  • Sukandar Sukandar Universitas Pamulang
  • Sa’adah Meilufi Universitas Pamulang

Abstract

Kipas angin merupakan peralatan elektronik yang banyak dipakai di kalangan masyarakat. Hampir semua golongan masyarakat pernah menggunakan alat ini, fungsinya beragam, misalnya untuk melancarkan sirkulasi udara, menyejukkan ruangan, hingga dijadikan salah satu komponen produksi. Dalam kegiatan perawatan kipas angin sebagian kalangan masyarakat atau staff di TPQ ASSHIDIQ tidak melakukan sehingga dapat menyebabkan terjadi kerusakan lebih cepat, baik itu komponen pendukungan atau komponen utama berupa motor induksi (dynamo) sebagai penggerak, maka dari itu kami tim PKM memberi penyuluhan dan mempraktekkan bagaimana cara dalam melakukan kegiatan perawatan preventif untuk memperpanjang umur pakai.

Berdasarkan dari latar belakang tersebut, kami dari Tim PKM mengajukan judul: “Pelatihan Maintenance Kipas Angin di TPQ ASSHIDIQ Desa Suradita Kecamatan Cisauk Kota Tangerang Selatan†Oleh karena itu, dengan adanya pengabdian berupa pelatihan maintenance kipas angin diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kesadaran dalam melakukan perawatan preventif secara berkala guna mencegah terjadinya kerusakan. Dalam kegiatan PKM ini dengan judul pelatihan maintenance kipas angin di TPQ ASSHIDIQ akan melakukan kegiatan diseminasi PKM, sehingga dapat menebarkan informasi secara meluas tentang pengertahuan. 

Kata Kunci : Perawatan preventif, Kipas Angin, TPQ ASSHIDIQ, Diseminasi

References

https://id.wikipedia.org/wiki/Kipas_angin.

https://kumparan.com/how-to-tekno/cara-kerja-kipas-angin-dan-komponen-utama- penyusunnya-1xDUKxMoREN/full

Efendy,machmud.2009.Rancang Bangun Motor Induksi Sebagai Generator (MISG)Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Universitas Muhammadiyah Malang.

Gunawan,Hanapi.1993.Mesin Dan Rangkaian Listrik.Jakarta:Erlangga.

Parekh, 2003. Dasar-Dasar Motor Induksi Sarjan, Muhammad. 2011. Perbandingan Karakteristik Motor Induksi Belitan Gelung Dengan Belitan Spiral. Universitas Tadulako.

Sumanto.1993.Motor Listik Arus Bolak Balik.Yogyakarta:

Anonym. 2012. Teori Dasar Motor Induksi. http://www. teknikelektro.com/teoridasar- motor-induksi/. Diakses pada tanggal 29 Mei 2017.

Anonym. 2013. Teori Motor Induksi. http://www. slideshare. net/nemogalau/teori motor induksi. Diakses pada tanggal 25 Mei 2017

https://id.wikipedia.org/wiki/cara kerja Kipas angin Di akses 5 januari 2023 https://en.wikipedia.org/wiki/Preventive_healthcare di akses 6 januari 2023

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Aranda, I., Sukandar, S., & Meilufi, S. (2024). PELATIHAN MAINTENANCE KIPAS ANGIN DI TPQ ASSHIDIQ DI DESA SURADITA KECAMATAN CISAUK KOTA TANGERANG SELATAN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 12–23. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/37777

Issue

Section

Articles