PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN SOLIDWORK UNTUK DESAIN RANGKA BAJA RINGAN ATAP PONDOK PESANTREN RIYADUTH TAFSIR

Authors

  • Suhendi Suhendi Universitas Pamulang
  • Farid Wazdi Universitas Pamulang

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam untuk memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan menekankan pentingnya moral agama Islam sebagai pedoman hidup bermasyarakat sehari-harI. Pondok secara etimologis berarti bangunan untuk sementara; rumah; dinding bangunan bangunan tempat tinggal yang berpetak-petak yang berdinding bilik dan beratap rumbia dan; madrasah dan asrama (tempat mengaji atau belajar agama islam). Untuk menyebutkan asrama tempat belajar agama islam sebenarnya tidak sama sekali asli nusantara, tetapi merupakan hasil penyerapan dari bahasa arab al-funduq yang berarti hotel; tempat penginapan; pesanggrahan; atau penginapan bagi orang yang bepergian.

Pesantren modern merupakan pengembangan dari pesantren tradisional dimana komponen yang terdapat dalam pesantren modern tidak terbatas pada rumah kyai dan masjid atau mushala saja, akan tetapi terdapat komponen lainnya yaitu asrama santri dan kelas-kelas untuk belajar. Penerapan sistem pengajaranya pun tidak lagi berputat di masjid atau mushala saja melainkan menggunakan ruang kelas baik dalam bentuk madrasah diniyah yang kurikulumnya menggunakan kurikulum mandiri maupun madrasah yang kurikulumnya merupakan gabungan dari kurikulum pesantren dengan kurikulum nasional.

Pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan di pondok pesantren riyaduth tafsir berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada kendala apapun. Aplikasi penggunaan software ini akan dilaksanakan setelah pengabdian kepada masyarakat. Dengan menggunakan solidwork semoga para santri dapat menggunakan secara optimal. latihan secara terus menerus dapat meningkatkan soft skill dan hard skill para santri, hasil yang diinginkan sudah tercapai dengan mahirnya para santri membuat design dan memahami perintah yang ada di software.

Kata kunci : Pesantren, software, Solidwork, modern, Pengabdian

References

Abdi, M. Zainal. 2018. Solidworks. Unutk Desain Manufaktur. Bandung: Modula

Manual Book, Fuad Arief Raharjo, 2020 “Mahir Solidwork Sinulation CAEâ€, Penerbit, CV. Budi Utama, Yogyakarta.

SolidWorks. (2015). INTRODUCING SOLIDWORKS Contents. Dassault Systèmes SolidWorks.

Arsada, Robbi. 2012 “Solidworks Professionalâ€. INFORMATIKA Bandung. Hidayat,

Nur. 2013 “Solidworks 3D drafting and Designâ€. INFORMATIKA Bandung.

Akin, J.E. 2009. Finite Element Analysis Concepts Via Solidworks, Rice University, Houston, Texas.

Davies, J.M. 2000 Recent research advances in cold-formed steel structures, Journal of Constructional Steel Research, Volume 55, 267-288.

Dewantoro, W & Besari, S, 2009, Distorsi sambungan baut akibat curling dan pencegahannya, Studi kasus sambungan pelat tipe geser dengan baut tunggal. Jurnal Teknik Sipil Vol. 16. No. 2, pp 49-62.

Royani, M, 2011, Konstruksi atap, Teknik Desain Arsitektur, Unpublished thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Thong, C.M. 2003. Development of New Cold-formed steel Sections for roof Truss System, Master Thesis, UTM

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Suhendi, S., & Wazdi, F. (2024). PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN SOLIDWORK UNTUK DESAIN RANGKA BAJA RINGAN ATAP PONDOK PESANTREN RIYADUTH TAFSIR. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 48–55. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/37782

Issue

Section

Articles