PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI BERBASIS DIGITAL BAGI PELAKU USAHA UMKM DI KELURAHAN MUNCUL, KECAMATAN SETU, KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Muhamad Cahyadi Universitas Pamulang
  • Tarno Tarno Universitas Pamulang
  • Encep Saepudin Universitas Pamulang

Abstract

Kebijakan pemberdayaan UKM dalam secara umum diarahkan untuk mendukung upaya-upaya penanggulangan kemiskinan dan kesenjangan, penciptaan kesempatan kerja dan peningkatan ekspor, serta revitalisasi pertanian dan perdesaan, yang menjadi prioritas pembangunan secara nasional. Dalam kerangka itu, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) diarahkan agar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penciptaan kesempatan kerja, mengurangi pengangguran dan peningkatan daya saing, sementara itu pengembangan usaha skala mikro diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan pendapatan masyarakat berpendapatan rendah, khususnya di sektor usaha mikro dan perdesaan. 

Kinerja nyata yang dihadapi oleh sebagian besar usaha terutama mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang paling menonjol adalah rendahnya tingkat produktivitas, rendahnya nilai tambah, dan rendahnya kualitas produk. Walau diakui pula bahwa UMKM menjadi lapangan kerja bagi sebagian besar pekerja di Indonesia, tetapi kontribusi dalam output nasional di katagorikan rendah.  Hal ini dikarenakan UMKM, khususnya usaha mikro dan sektor pertanian (yang banyak menyerap tenaga kerja), mempunyai produktivitas yang sangat rendah. Bila upah dijadikan produktivitas, upah rata-rata di usaha mikro dan kecil umumnya berada dibawah upah minimum. Kondisi ini merefleksikan produktivitas sektor mikro dan kecil yang rendah bila dibandingkan dengan usaha yang lebih besar.  

Kata Kunci : ekspor, usaha mikro, produktivitas

References

. Ardiansyah. (2018). Keunggulan Posisional Nilai Produk Ergo-ikonik untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Disertasi. Universitas Diponegoro, Semarang.

. Hanafi, Mamduh M. (2014) Manajemen Risiko. Tanggerang: Universitas Terbuka

. Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium I. Terjemahan Oleh Hendra Teguh. Jakarta: Prehalindo

. Husnan, Suad. (2009). Manajemen Keuangan. Tanggerang: Penerbit Universitas Terbuka

. Subekti, Surono. (1999). Kiat Bermain Saham. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

. Delloitte Access Economics. (2015). UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara.

. Istiqomah, & Andriyanto, I. (2017). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 5(2)

. Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfataan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1).

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Cahyadi, M., Tarno, T., & Saepudin, E. (2024). PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI BERBASIS DIGITAL BAGI PELAKU USAHA UMKM DI KELURAHAN MUNCUL, KECAMATAN SETU, KOTA TANGERANG SELATAN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 63–70. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/37785

Issue

Section

Articles