EDU FUN LABORATORIUM: MENINGKATKAN PEMAHAMAN FISIKA MELALUI RANGKAIAN LISTRIK SERI DAN PARALEL KEPADA SISWA SMK SASMITA JAYA 2, PAMULANG BARAT, KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Untuk menunjang keilmuan teknik mesin, diperlukan pengetahuan dasar sains, seperti matematika, fisika dan kimia untuk pengembangan keahlian seorang sarjana Teknik Mesin. Berkaitan dengan fisika maka dalam PkM ini kami akan mengangkat tema listrik karena pada era modern saat ini, kita tidak bisa lepas dari energi listrik. Mayoritas benda di rumah memerlukan energi listrik agar bisa digunakan. Contohnya lampu, kipas angin, televisi, kulkas dan lain-lain. Adanya energi listrik membuat kita bisa menggunakan benda tersebut. Ada dua jenis energi listrik, yaitu listrik statis (listrik diam) dan listrik dinamis (listrik bergerak). Listrik statis adalah kumpulan muatan listrik berjumlah tertentu yang tidak mengalir atau tetap (statis). Listrik ini timbul karena benda yang beraliran listrik saling bertautan tanpa adanya sumber daya listrik. Listrik dinamis adalah listrik yang bisa mengalir atau bergerak dalam rangkaian listrik. Dalam listrik ini, arusnya bermuatan listrik, biasanya dihantarkan lewat kawat tiap satuan waktu. Mainan mobil-mobilan yang menggunakan baterai adalah salah satu contoh dari listrik dinamis. Ketika saklar dipencet ke posisi ON, maka kedua ujung baterai akan terhubung dengan dinamo (motor listrik). Motor listrik itulah yang akan menggerakkan roda mobil-mobilan, sehingga bisa jalan karena pergerakan muatan listrik yang bersumber dari baterai. Lampu senter bisa menyala karena ada aliran elektron yang bekerja sehingga menyalakan lampu yang ada didalamnya. Listrik dinamis juga ada pada komputer, bor listrik, kulkas, tv, dan barang-barang peralatan rumah tangga yang lain.
Kegiatan PkM dengan judul “Edu Fun Laboratorium: Meningkatkan Pemahaman Fisika Melalui Rangkaian Listrik Seri dan Paralel Kepada Siswa SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatanâ€. diikuti sebanyak 20 siswa sudah dilaksanakan pada tanggal 13 November 2023, merupakan kegiatan dari tiga orang dosen dan dua orang mahasiswa dari Prodi Teknik Mesin Unpam. Dalam pelaksanaannya dilakukan 2 kali test diagnostik dengan 5 pertanyaan terhadap siswa yang mengikutinya, yaitu Pre-Test dan Post-Test. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana model pengajaran ini efektif dilakukan meskipun singkat waktunya. Hasil dari Pre-Test ada 55% yang mendapat nilai di bawah 50 dengan nilai rata-rata kelas 47 dan hasil Post-Test ada 20% yang mendapat nilai di bawah 50 dengan nilai rata-rata kelas 65. Dengan selesainya kegiatan ini maka diharapkan siswa SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan lebih menyukai fisika menjadi lebih menyukai.
Kata Kunci : listrik, rangkaian listrik, seri, paralel, fun
References
Giancoli, Douglas C. 1996. Physics (3rd Edition). New York: Prentice Hall, Inc.
Serway, Raymond A. 2000. Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics. Virginia: Saunders College Publishing.
Young, H.D. and Freedman, Roger A. 2000. University Physics (Tenth Edition). New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Farizki, Abdul Ro’uf., Henry Novianus Palit., dan Alexander Setiawan, 2016, Aplikasi Pembelajaran Rangkaian Listrik Sederhana Berbasis Android, Jurnal Teknik (4)1.
Galih, Valentius,. Endah Purnomosari,. dan Ngadiyono. 2019. Pengantar Praktikum Mekatronika Tekstil. Bandung: Mulia Jaya.
Manurung, Sondang R dan Masdiana Sinambela, 2018, Perangkat Pembelajaran IPA Berbentuk LKS Berbasis Laboratorium, Jurnal Inpafi, (1)6.
Bueche J Frederick. 2006. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Herman & Asisten LFD. 2015. Penuntun Fisika Dasar 2. Laboratorium Fisika Unit Praktikum Fisika Dasar: Makassar.
Serway, Raymond A. dan John W. Jewett. 2010. Fisika—untuk Sains dan Teknik Buku 2 Edisi 6. Jakarta: Salemba Teknika.