Sosialisasi Jenis-Jenis Perawatan Mesin yang Diaplikasikan pada Sepeda Motor di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang

Authors

  • Abdul Choliq Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Nur Rohmat Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Baihaqi Maulana Ali Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Novian Ali Alramadhani Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Rahmad Zaki Maulana Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Keywords:

Sepeda Motor, Sistem Perawatan Mesin, Perawatan Terencana, Perawatan Tidak Terencana, Usia Pakai

Abstract

Mobilitas yang semakin padat mendorong seseorang yang tadinya cukup berjalan kaki memerlukan sepeda motor untuk kemudahan beraktivitas. Dengan banyaknya produsen sepeda motor yang menawarkan berbagai model dan fitur ditambah dengan harga yang relatif terjangkau membuat hampir semua orang mampu memiliki sepeda motor. Bahkan saat ini pelajar tingkat SMU banyak kita jumpai sudah menggunakan sepeda motor untuk keperluan sekolah dan kegiatan lain. Sepeda motor tersebut umumnya diperoleh dari pemberian orang tua. Permasalahan yang muncul, pada usia ini mereka banyak yang belum pandai dalam merawat kendaraan. Sepeda motor menjadi terlihat kotor tidak terawat. Masih baik jika dibawa ke bengkel, kadangkala kendaraan dipaksa beroperasi tanpa perawatan yang baik dan pada akhirnya rusak dan pendek usia pakainya. Dalam pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang periode ganjil 2023-2024 ini akan disampaikan materi kepada Siswa-siswi SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang tentang sosialisasi sistem perawatan mesin yang diaplikasikan pada sepeda motor. Tujuan yang ingin dicapai adalah agar mereka mampu merawat sepeda motor secara mandiri dan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama pendidikan di SMK. Konten dari sosialisasi ini mencakup perawatan terencana dan perawatan tidak terencana. Lebih utama lagi sebagai bentuk terimakasih atas pemberian orang tua. Luaran yang direncanakan dari pelaksanaan PKM ini adalah jurnal PKM yang dimuat dalam Jurnal Teknik Mesin Garda atau Sinantias.

References

[1] https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/11F6A136FA02AE9B2AAF

[2] Setiyarini, Arista. "Analisis Budaya Berkendara Sepeda Motor Dalam Perspektif Gender Di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman." Skripsi. UNY: Yogyakarta (2014).

[3] Munawaroh, Siti. "Hubungan Pemahaman Siswa Tentang Uu No 22 Tahun 2009 Dengan Sikap Siswa Terhadap Pelanggaran Modifikasi Sepeda Motor Di Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor Smk 2 Mei Bandar Lampung." (2018).

[4] Marit, Indrawaty. "Studi Peningkatan Percepatan Waktu Pemeliharaan Sepeda Motor Di Ahass Dengan Menggunakan Metode Cpm Dan Simulasi." Phd Diss., Itn Malang, 2020.

[5] Hidayat, Nuzul, Ahmad Arif, M. Yasep Setiawan, And Wanda Afnison. "Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pemuda Putus Sekolah Melalui Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor." Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18, No. 2 (2018): 83-90.

[6] Musoffan, Wildan. "Analisa Aspek Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Upaya Identifikasi Potensi Bahaya Di Unit Plastic Injection Pt Astra Honda Motor." Villa Mutiara Gading 48 (2007).

[7] Kusnadi, Kusnadi, and Taryana Taryana. "Usulan Waktu Penggantian Optimum Komponen Mesin Gas Engine (Prechamber Gas Valve) Dengan Model Age-Based Replacement Di Pt. Xyz." Jurnal Teknologi 8, no. 1 (2016): 45-52.

[8] Afiva, Wirda Hamro, Fransiskus Tatas Dwi Atmaji, and Judi Alhilman. "Penerapan metode reliability centered maintenance (RCM) pada perencanaan interval preventive maintenance dan estimasi biaya pemeliharaan menggunakan analisis FMECA (Studi Kasus: PT. XYZ)." Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) 13, no. 3 (2019): 298-310.

[9] Amrullah, Pamasang S. Siburian, and Saida Zainurossalamia. "Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda" Kinerja 13, no. 2 (2016): 99-118.

[10] Setiadi, Bambang, And Veriahadi Veriahadi. "Analisa Kerusakan Dan Perbaikan Sistem Elektrik Starter Sepeda Motor." Presisi 23, No. 2 (2021): 43-50.

[11] Supyani, Supyani, Bebas Widada, And Wawan Laksito Yuly Saptomo. "Aplikasi Diagnosa Kerusakan Mesin Sepeda Motor Bebek 4 TAK Dengan Metode Forward Chaining." Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tikomsin) 1, No. 1 (2013).

[12] Muhammad, Sidik Jeri. "Prosedur Penyimpanan Suku Cadang Supaya Efisien di Kapal Tb Lily Star Ii Pt. Gebari Medan Segara." Karya Tulis (2021).

[13] Hidayat, Dayat. "Pelatihan Keterampilan Otomotif Untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja Di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang." Journal Of Nonformal Education and Community Empowerment (2017): 55-63.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Choliq, A., Rohmat, N., Ali, B. M., Alramadhani, N. A., & Maulana, R. Z. (2024). Sosialisasi Jenis-Jenis Perawatan Mesin yang Diaplikasikan pada Sepeda Motor di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–13. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/40175

Issue

Section

Articles