Pengenalan Teknik Pengelasan Logam Sebagai Peluang Wirausaha Masyarakat

Authors

  • Cahya Sutowo Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Fendy Rokhmanto Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Diseminasi, Wirausaha, Pengelasan Logam

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademik seperti dosen dan mahasiswa. Melalui PKM sivitas akademik dapat hadir di tengah-tengah masyarakat dan mengingat lokasi kampus yang tidak terlalu jauh dengan lokasi tempat pelaksanaan PKM yaitu di Kelurahan Keranggan Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan, maka sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Pamulang (UNPAM) untuk ikut serta membantu dalam pengembangan sumber daya Masyarakat sekitar. Bidang ilmu Teknik Mesin yang berkaitan dengan pengetahuan pengelasan logam yang tidak hanya dipelajari secara teori saja, namun diperlukan latihan atau praktik langsung sehingga bisa dijadikan sebagai bidang keahlian masyarakat terutama bagi generasi muda. Pengenalan teknik pengelasan logam ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu peluang wirausaha secara mandiri dengan memanfaatkan salah satu keahlian bidang Teknik mesin. PKM dengan judul: “Pengenalan Teknik Pengelasan Logam Sebagai Peluang Wirausaha Masyarakatbagi para santri Pondok Pesantren Nurul Ihsan di Kelurahan Keranggan Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan semoga bisa berjalan dengan lancar dan tertib. Hal itu bisa dilihat dari ketertarikan dan keaktifan para peserta dalam menyimak penjelasan materi teori dan praktek yang diberikan. Dengan adanya pengetahuan tambahan ini diharapkan bisa menjadi bekal para santri sebagai pemuda penerus generasi untuk ke depannya.

References

[1] Budi Kaliwanto, Pendampingan Usaha Pengelasan Karang Taruna Sarimulya, PROSIDING SENANTIAS 2020, Vol. 1 No. 1, Desember 2020

[2] Harsono Wiryo Sumarto, Toshio Okumura, 1979, “ Teknologi Pengelasan Logam “, Pradnya Paramita Jakarta.

[3] https://www.pengelasan.net/alat-keselamatan-kerja-las/

[4] C Sutowo, A Sanjaya, 2007., Pengaruh Hasil Pengelasan GTAW dan SMAW Pada Pelat Baja Sa 516 Dengan Kampuh V Tunggal, Sintek Jurnal: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin 1 (1)

[5] https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tangerang_Selatan

[6] https://Www.Pengelasan.Net/Alat-Keselamatan-Kerja-Las/

[7] Ramli Soehatman, 2010, “Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja”, Dian Rakyat, Jakarta

[8] Reza Putra (2021), Penerapan Teknik Pengelasan Logam Sebagai Peluang Wirausaha Masyarakat Mandiri Di Desa Paloh Punti, Kota Lhokseumawe, Krida Cendekia – Vol 01 No 05 Desember 2021.

[9] https://rangkaatapbajaringanbogor.com/usaha-bengkel-las/ diakses pada 23-02-2021

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Sutowo, C., & Rokhmanto, F. (2024). Pengenalan Teknik Pengelasan Logam Sebagai Peluang Wirausaha Masyarakat. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 34–45. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/40182

Issue

Section

Articles