Sosialisasi Pengetahuan Produk dan Analisa Kerusakan Ban Kendaraan Bermotor di OKP Ganespa Sebagai Langkah Dini Keselamatan Berkendara

Authors

  • Farid Wazdi Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Jaim Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Sujianto Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Keywords:

Kondisi Ban, Keamanan Berkendara, Produk Berkualitas Tinggi

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian yang terintegrasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademik dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui PKM sivitas akademik dapat hadir di tengah-tengah masyarakat.  Prioritas yang akan menjadi dasar kegiatan pengabdian ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pengetahuan produk dan analisa kerusakan ban kendaraan. Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas di Indonesia, maka usia yang tertinggi kecelakaan di jalan adalah usia remaja, maka dengan dasar data tersebut, maka kegiatan pengabdian masyakat kali akan fokus pada usia remaja. Kegiatan PKM ini diharapkan remaja di sekitar kampus Universitas Pamulang (Unpam) memiliki pengetahuan lebih dan selalu menjada kondisi ban selalu dalam keadaan layak sehingga pada akhirnya diharapkan angka kecelakan lalu lintas menurun. OKP Gansepa adalah organisasi kepemudaan yang berada di lingkungan sekitar kampus Unpam. Organisasi ini berada di Jl. Witana Harja Pamulang dan memliki anggota yang berdiri pada tanggal 15 Februari 2004, organisasi independen yang pada awalnya berangkat dari keinginan dan tekad para pemuda dan pemudi yang ingin menggali dan menyalurkan potensi bakat dan minatnya dalam suatu wadah yang diakui akan eksistensinya, dengan harapan nanti akan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan bekerjasama dengan OKP Ganespa maka pelaksanaan PKM tepat sesuai sasaran yang direncanakan di PKM ini. Pelaksanaan PKM berlangsung dengan diskusi interaktif dan peserta antusias dan aktif termasuk saat dilakukan sosialisasi materi dan praktek melihat kondisi ban di kendaraan peserta.

References

[1] Badan Pusat Statistik. (2016). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis tahun 1987-2016. Retrieved 2017. (http://www.bps.go.id/tabsub/view.php?Tabel=1&id_subyek=17¬ab=12 )

[2] Multistrada (2011). Buku Pengetahuan Ban Penumpang.

[3] Buntarto (2015). Sistem Ban dan Roda. Jakarta - Pustaka Baru

[4] Ansori, Nachrul dan M. Imron Mustajib. 2013. Sistem Perawatan Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu

[5] Gent, Alan N & Joseph D Walter. 2006. The Pneumatic Tire. University Of Akron. USA : U.S Department Of Transportation.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Wazdi, F., Jaim, & Sujianto. (2024). Sosialisasi Pengetahuan Produk dan Analisa Kerusakan Ban Kendaraan Bermotor di OKP Ganespa Sebagai Langkah Dini Keselamatan Berkendara. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 56–67. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/40184

Issue

Section

Articles