Pelatihan Alat Ukur Presisi pada Siswa SMKN 5 Kota Tangerang Selatan di SMKN 5 Kota Tangerang Selatan, Banten

Authors

  • Tatang Suryana Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Achmad Maulana Soehada Sebayang Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Nurul Ashri Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Keywords:

Kondisi Ban, Keamanan Berkendara, Produk Berkualitas Tinggi

Abstract

Alat ukur mekanik presisi merupakan alat ukur yang mempunyai kemampuan mengukur sampai ukuran terkecil sesuai kebutuhan pemakainya. Dalam bidang ilmu teknik pemesinan, alat ukur merupakan salah satu hal utama yang harus dipahami. Proses manufaktur saat ini memproduksi komponen-komponen yang presisi dan sudah diuji dengan alat ukur dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Agar tuntutan dunia industri terpenuhi maka ilmu pengetahuan tentang alat ukur mekanik presisi wajib dilakukan oleh orang yang mempunyai keinginan bekerja di bidang pemesinan (industri manufaktur). Presisi merupakan suatu istilah yang dikenal dalam bidang ilmu pengukuran, seperti matematika, teknik, dan sains. Istilah ini menunjukkan ketepatan yang berkaitan dengan alat ukur. Sebenarnya presisi tidak hanya digunakan dalam pelajaran hitungan saja, presisi juga berperan dalam aktivitas manusia seperti perlu adanya ketepatan dalam membeli keperluan rumah tangga atau sembako. Selain presisi, dikenal pula akurasi dalam sistem pengukuran. Keduanya disebut sebagai faktor penting yang harus dipertimbangkan saat melakukan pengukuran. Mengukur adalah proses membandingkan ukuran (dimensi) yang tidak diketahui terhadap standar ukuran tertentu. Alat ukur yang baik merupakan kunci dari proses produksi massal. Tanpa alat  ukur, elemen mesin tidak dapat dibuat cukup akurat untuk menjadi mampu tukar (interchangeable). Pada waktu merakit, komponen yang dirakit harus sesuai satu sama lain. Pada saat ini, alat ukur merupakan alat penting dalam proses pemesinan dari awal pembuatan sampai dengan kontrol kualitas di akhir produksi.

References

[1] Flack, D. (2014). Good Practical Guide No. 40 Calipers and Micrometers. Middlesex: National Measurement System.

[2] Mitutoyo. (2015). Measuring Instrument Catalog. Catalog No. US-1003-DR1. Aurora: Mitutoyo America Corporation.

[3] Stefanelli, E.J. (2017). Virtual Vernier Caliper. diakses di alamat website http://www.stefanelli.eng.br/en/category/simulator/ pada 21 Februari 2018.

[4] Wagiran. (2013). Penggunaan Alat-alat Ukur Metrologi Industri. Yogyakarta: Deepublish.

[5] Widarto, S. (2008). Teknik Permesinan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Suryana, T., Sebayang, A. M. S., & Ashri, N. (2024). Pelatihan Alat Ukur Presisi pada Siswa SMKN 5 Kota Tangerang Selatan di SMKN 5 Kota Tangerang Selatan, Banten. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 92–98. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/40188

Issue

Section

Articles