Penguatan Literasi Keuangan pada Siswa-Siswi SMP Islam Al-Azhar 25
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v1i1.31734Keywords:
Literasi, keuangan, TabunganAbstract
Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bekerjasama dengan SMP Al-Azhar 25 Tangerang Selatan.
Tujuan dari dilakukannya kegiatan PKM adalah untuk memberikan pemahaman dan pengarahan kepada
siswa-siswi SMP Al-Azhar 25 Tangerang Selatan tentang pentingnya literasi keuangan sejak dini agar dapat
meningkatkan tabungan individu dan mengakumulasi kemakmuran ketika mereka dewasa. Target sasaran
dari kegiatan PKM ini adalah para siswa-siswi, jumlah keseluruhan peserta adalah 26 orang dengan waktu
pelaksanaan kegiatan di tanggal 10 Mei 2023. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah penyuluhan
atau ceramah, tutorial, diskusi, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan PKM diperoleh data bahwa sebagian
besar sudah mengerti tentang pentingnya menyiapkan program financial dimasa produktif melalui
tabungan. Diharapkan PKM ini bermanfaat untuk berbagai pihak diantaranya siswa-siswi Al-Azhar 25
Tangerang Selatan itu sendiri, masyarakat sekitar dan bagi akademisi..
References
Aravik, H., & Tohir, A. (2022). Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Palembang. AKM (Aksi Kepada Masyarakat), 3(1), 29–36.
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. 44(2), 296–316.
Pamungkas, adhis darussalam. (2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 391–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.5823583
Prabowo, H. A., Suyana, N., Hermanto, Suprapto, H. A., Vernia, D. M., Nurisman, H., & Wulansari, L. (2023). DALAM BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMP. 4(2), 2799–2803.
Purba, I. S., Fiyanto, A., Suprapto, H. A., & Vernia, D. M. (2022). Penguatan Literasi Keuangan Untuk Siswa Smp Nurul Hikmah Bekasi. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1245–1248. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5875
Rapih, S. (2016). PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria, 6(2), 14–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28
Vitt, L. A., Anderson, C., Kent, J., Lyter, M., D., & Siegenthaler, J. K., & Ward, J. (2000). Personal Finance And The Rush To Competence: Financial Literacy Education In The U.S. VA: Fannie Mae Foundation.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dila Angraini, Dea Annisa, Tri Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

