Alih Teknologi PKM Penjahit dengan Peningkatan Kualitas Pelayanan melalui CRM

Authors

  • Asep Saepulrohman Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Univeristas Pakuan, Bogor, Indonesia
  • Agus ismangil Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Univeristas Pakuan, Bogor, Indonesia
  • Leny Heliawati Program Studi S2 Pendidikan Ilmu Pengaetahuan Alam, Pascasarjana, Univeristas Pakuan, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/iqtis.v1i2.37338

Keywords:

PKM, CRM, penjahit, ekonomi, digital

Abstract

Dunia usaha dalam bentuk jasa merupakan salah satu bentuk bisnis yang memerlukan marketing untuk tetap dapat berjalan atau meningkatkan omset yang lebih baik lagi. UMKM Sarinah Tailor merupakan salah satu UMKM yang mengalami dampak penurunan ekonomi yang luar biasa sejak  pademi Covid-19. Kreativitas dan inovasi harus dimunculkan  sebagai wujud eksistensi di tengah pasca wabah pandemik yang masih ada sampai saat ini untuk tetap bertahan harus melakukan berbagai berbagai kreativitas. Salah satunya, digitalisasi sistem pemasaran, update trend fashion, memperbanyak relasi, memberikan layanan terbaik, bekerjasama dengan instansi, dan lain-lain. Metode dalam Pemberdayaan Kemitraan Masyarakt (PKM) ini difokuskan pada digiitalisasi sistem dan pengembangan konsep relasi dengan metode Customer Relation Management (CRM) yang memadukan bisnis antara porses, manusia dan teknologi. Hasil dari pemberdyaaan tersebut terbantunya mitradalam bidang marketing secara digital dan manajemen perubahan sistem pemsaran yang bersfiat kombinasi antara konsep pemaran sebelumnya dan sistem berbasis online. Hasil yang diperoleh membantu menarik prospek penjualan dan mengkonversi pelanggan yang sudah ada tetap loyal dan puas dengan pelayanan bisnis yang dijalankan oleh mitra.

References

Agus Diartono, Dwi, Yohanes Suhari, and Aji Supriyanto. 2015. “Pengembangan Model CYBER CLUSTER E-COMMERCE Berbasis CMS Dan SEO Produk UMKM.†IJCCS 9(2): 145–56.

Ambar, Ruth, and Wulan Purnama Sari. 2021. 5 Komunikasi Pemasaran UMKM Dalam Beradaptasi Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Hello Cafe).

Andreas Sutanto Sri Mulyani, Felix. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) Kajian Multi Disiplin Ilmu Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) ON PAGE PADA WEB UMKM BATIK DAN HANDICRAFT.

———. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) Kajian Multi Disiplin Ilmu Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) ON PAGE PADA WEB UMKM BATIK DAN HANDICRAFT.

Bisnis, Jurnal et al. 2020. “STRATEGI SURVIVAL UMKM BATIK TULIS PEKALONGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA ‘BATIK PESISIR’ PEKALONGAN).†Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM) 4(2): 189–214.

BPS Kota Bogor. 2022. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Bogor 2022. https://bogorkota.bps.go.id/ (May 18, 2023).

Charan, Shiv, and Pinki Sharma. 2021. “Usability Study of Abhilekh Patal, National Archives of India (NAI), India.†Journal of Academic Librarianship 47(2).

Fahimnia, Fatima, and Mahshid Eltemasi. 2021. “Comparative Analysis of Iranian Medical Academic Libraries Websites the Base Google SEO Component.†Journal of Academic Librarianship 47(4).

Fauzi, Ahmad, and Eko Harli. 2017. “JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi I Nformasi) Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM Dengan Metode RAD.†http://jurnal.iaii.or.id.

Manullang, Sri Masyuli. 2021. 1 Analisis Strategi Promosi UMKM Di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Mei.

Masyarakat, Jurnal Pengabdian et al. 2017a. SOSIALISASI PENTINGNYA CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN RETENSI PELANGGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI CILEGON.

———. 2017b. SOSIALISASI PENTINGNYA CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN RETENSI PELANGGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI CILEGON.

Maylinda, S, and I P Sari. 2021. 7 Journal of Applied Business and Economics (JABE) OPTIMALISASI INTEGRATED DIGITAL MARKETING DALAM STRATEGI PEMASARAN UMKM IMAGO RAW HONEY Oleh.

Noor, Agustian et al. 2021. “PELATIHAN OPTIMASI MESIN PENCARI (SEO) PADA KONTEN WEB PKBM TUNAS MELATI PELAIHARI.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG 47(2). http://mediteg.politala.ac.id/index.php/mediteg.

Pratomo, Adi et al. 2018. 1 Jurnal Impact : Implementation and Action OPTIMASI E-COMMERCE DENGAN PENERAPAN TEKNIK SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UKM NIDA SASIRANGAN. www.nida-sasirangan.co.id.

Rianto, Rianto, and Djoko Budiyanto Setyohadi. 2017. “Mengukur Kesiapan Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Model Application Service Provider (ASP) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Indonesia.†Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence 3(1): 26.

Sularto, Lana, and M Abdul Mukhyi. 2012a. VII J@TI Undip PENGARUH PENERAPAN PERIKLANAN DI INTERNET DAN PEMASARAN MELALUI E-MAIL PRODUK UMKM DI WILAYAH DEPOK. http://www.gunadarma.ukmdepok.com.

———. 2012b. VII J@TI Undip PENGARUH PENERAPAN PERIKLANAN DI INTERNET DAN PEMASARAN MELALUI E-MAIL PRODUK UMKM DI WILAYAH DEPOK. http://www.gunadarma.ukmdepok.com.

Susanti, Nanik. 2018. “PERANCANGAN E-MARKETING UMKM KERAJINAN TAS.†Jurnal SIMETRIS 9(1). http://www.valyabags.online.

Tahara Shita, Rizky, Lauw Li Hin, Anita Diana, and Dwi Achadiani. “2022) 2,3 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi.†5(1). http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp16-23.

Teguh, Monika et al. 2020. “PEMANFAATAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA UMKM SNACK INDOCHIP.†JPRMEDCOM: Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal 2(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/JPRMEDCOM.

Tor, Shiekuma Felix. 2021. “Probing the Effect of Library Staff’ Discussions at Duty Posts on Graduate Students’ Research Activities: Evidence from a Nigerian University Library.†Journal of Academic Librarianship 47(2).

Triyanto, Wiwit Agus, and Nanik Susanti. 2017. 6 Ijns.org Indonesian Journal on Networking and Security Optimasi Meta Tag HTML Untuk Meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) Pada Website E-Commerce UMKM. Online. http://www.valyabags.online.

Downloads

Published

2023-12-31