PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA BERDASARKAN ISAK 35 PADA YAYASAN RAUDLATUL MAKFUFIN (TAMAN TUNANETRA)

Authors

  • Tri Utami Program Studi Sarjana Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Dea Annisa Program Studi Sarjana Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Dila Angraini Program Studi Sarjana Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia

Keywords:

ISAK 35, Entitas Nirlaba, Akuntansi Yayasan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bekerjasama dengan Yayasan raudlatul Makfufin (Taman Tunanetra) Tujuan dari dilakukannya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini  adalah untuk memberikan pemahaman dan pengarahan kepada Pembina dan pengurus Yayasan tentang pentingnya standar akuntansi keuangan ISAK 35 dalam proses pencatatan, penyusunan dan pelaporan keuangan entitas yayasan. laporan keuangan suatu entitas seyogyanya dapat bersifat transparan dan akuntable agar dapat memberikan informasi yang relevan dan dapat diandalkan kepada donatur,regulator, penerima manfaat dan publik secara umum. Sasaran dari kegiatan ini adalah para Pembina dan pengurus sebanyak 15 orang yang dilakukan pada tanggal 5 November 2023. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tutorial, diskusi dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah masih ditemukan kendala yaitu pencatatan dan penyusunan laporan keuangan masih sangat sederhana dan belum sepenuhnya mengikuti standar akuntansi keuangan yang berlaku untuk entitas nirlaba dan bagi para pengurus yang sebagian adalah penyandang tuna netra terbatas dalam menggunakan aplikasi akuntansi yang belum didukung dengan aplikasi voice reader.

References

Afifah, N. &. (2021). Analisis Penerapan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sesuai Standar Akuntansi Isak 35 Pada Yayasan An-Nahl Bintan. Journal of Accounting, Finance and Auditing, 24-34.

Dewi, N. K. (2023). Penerapan ISAK 35 dalam Penyajian Laporan Keuangan Yayasan Santha Yana Pasek Buleleng. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, Vol. 13 No. 2,, 286-298.

Kholifah¹, U. W. (2023). Analisis Penyajian Laporan Keuangan Entitas Yang Berorientasi Non Laba (Studi Kasus Yayasan Pondok Pesantren Nurul Muhasabah Wal Mahabbah Bitaharil Imam). Jurnal ARMADA.

makfufin.id. (2023).

Melia, Y. (2022). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Pada Organisasi Nirlaba: Literatur Review. . AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 5(1), 103.

Mubin, N. (2018). Integritas dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah atau Madrasah. Attaqwa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam.

Sahala Purba, 2. M. (2023). Penyuluhan Penerapan ISAK 35 Dalam Menyusun Laporan Keuangan Non Laba Pada Panti Asuhan Di Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) .

Setiawan, D. A., & et al. (2021). Pengelolaan Manajamen dan Keuangan Yayasan Yatim Piatu: Yayasan Pundi Amal Abadi Indonesia. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan 1(1), 15–20.

Downloads

Published

2023-12-31