Persepsi dan Preferensi Siswa mengenai Moral Reasoning (Penalaran Moral) melalui Konseling Online: Kajian Sistematic
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v1i2.37346Keywords:
Persepsi dan Preferensi, Konseling online, Moral reasoningAbstract
Tingkat penalaran moral sangat penting untuk anak-anak mempengaruhi etika. Penalaraan moral seorang siswa dapat meningkatkan keinginan penerapan moral yang baik pada siswa. Penelitian ini membahas mengenai konseling online untuk meningkatkan moral reasoning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplanasi persepsi dan preferensi siswa terhadap layanan konseling online untuk membantu meningkatkan penalaran moral. Kajian sistematika dilakukan pendekatan tinjauan Sistematis dan Analisis Meta (PRISMA). Pada awalnya terdapat 80 artikel dari tiga pangkalan data sebagai berikut: PubMed (6 artikel), CINAHL (71 artikel), dan SINTA (3 artikel). Setelah dilakukan pembacaan judul dan abstrak, 72 artikel dieliminasi karena judul tidak sesuai dengan tujuan penelitian, dan satu abstrak tidak relevan isinya. Jadi, enam artikel (lima artikel di konteks Indonesia dan satu artikel di konteks Malaysia) dianalisis.References
Sangiba, M. M., Sasongko, D., Hendradi, P., & Haq, A. L. A. (2022). Aplikasi Cyber Counseling Sebagai Solusi Pelayanan Konseling Online Berbasis Android. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 582-590.
Hidayat, F. M., Rizqy, M., Junaedi, N., & Agung, I. W. P. (2022). Penerapan Metode Agile dalam Pengembangan Sistem E-Konseling Berbasis Web. eProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 3(1), 300-312.
Juliawan, I. W., Bawa, P. W., Wiguna, D. G. E. S., & Suhardita, K. KONSELING ONLINE SEBAGAI UPAYA MENANGANI MASALAH PENGINTIMIDASIAN DI KALANGAN ANAK MUDA.
Wibowo, N. C. H., Milenia, F. I., & Azmi, F. H. (2019). Rancang Bangun Bimbingan Konseling Online. Walisongo Journal of Information Technology, 1(1), 13-24.
Habibah, S., Diniaty, A., Diniyah, D., Hasgimianti, H., & Adawiyah, P. R. (2021). Penggunaan Media Konseling Online pada Masa Pandemi Covid-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(2), 8-86.
Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber Counseling sebagai metode meningkatkan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah: Literature Review. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 86-94.
Faturohman, M., & Suryapermana, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Moral Reasoning dan Inquiry Terhadap Hasil Belajar Santri Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), 1(2), 95-114.
Afriani, G. (2021). Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya melalui Pelaksanaan Metode Moral Reasoning di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Bedelau: Journal of Education and Learning, 2(1), 13-18.
Wong, K. P., Bonn, G., Tam, C. L., & Wong, C. P. (2018). Preferences for online and/or face-to-face counseling among university students in Malaysia. Frontiers in psychology, 9, 64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Achmad Dzikri Fanshabi, Dede Rahmat Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.