KESEJAHTERAAN USAHA KECIL MENENGAH MELALUI PROMOSI JEJARING SOSIAL MEDIA E-COMMERCE DESA SINDANGLAUT KECAMATAN CARITA KABUPATEN.PANEGLANG –BANTEN

Authors

  • Dewi Ningsih Universitas Pamulang indonesia
  • Zelin Ferdias Capriat Universitas Pamulang indonesia
  • Sunanto Sunanto Universitas Pamulang indonesia

Keywords:

E-Commerce, UKM, Sosial Media

Abstract

Dalam era digital sekarang ini, pengguna internet untuk perdagangan yang semakin bertambah, sehingga mendorong munculnya bisnis baru sebagai start up bisnis. Semua bisnis tersebut bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa yang memenuhi kebutuhan sehari-hari, mayoritas dari mereka bergerak di bidang online. Pemanfaatan perkembangan teknologi pada bidang pemasaran yang mengubah cara pengerjaan suatu pekerjaan dari cara konvensional mengarah kepada teknologi digital dengan memanfaatkan e-commerce. Namun karena keterbatasan latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki oleh sebagian penduduk, membuat para Usaha Kecil Menengah (UKM) ini mengalami kesulitan dalam memasarkan produk-produk hasil karya mereka. Pemasaran akan produk- produk hasil kerajinan tangan dan olahan kebun, selama ini hanya diperdagangkan melalui pasar tradisional atau dengan cara menitipkan ke warung-warung atau dengan promosi dari mulut ke mulut. Cara pemasaran yang konvensional ini membuat penghasilan mereka kurang meningkat, mengingat perkembangan teknologi saat ini makin berkembang. Tentu saja Usaha Kecil Menengah (UKM) ini akan tergerus oleh perkembangan zaman yang sudah menggunakan teknologi informasi. Melihat situasi seperti itu, maka kami mencoba untuk mengarahkan dalam membantu perekonomian Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat meningkatkan penghasilan melalui pemanfaatan e- commerce sebagai solusi alternatif dalam melakukan inovasi pada strategi pemasaran dengan tujuan untuk menjaring potensi pasar yang lebih besar.

References

Riswandi, D. (2019). Transaksi Online E-Commerce Peluang Dan Tantangan Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal

Econetica Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Darmadi, & Susanto, N. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Ukm Kelurahan Pagedangan Kabupaten Tanggerang-Banten Ratna. Dedikasi Pkm Unpam, 1(3), 93–97.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.

Suryani, N. L., Sari, R., Setiawan, R., Susanto, N., & Pamulang, U. (2021). Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. 2(2), 2018–2021.

Downloads

Published

2023-12-31