Meningkatkan Literasi Pentingnya Peran Zakat Bagi Generasi Z Pada Peserta Didik Madrasah Aliyah Al Masfuriyah Cipondoh

Authors

  • Abdulloh Abdulloh universitas pamulang, indonesia
  • Mutawali Mutawali universitas pamulang, indonesia
  • Mukhoyyaroh Mukhoyyaroh universitas pamulang, indonesia

Keywords:

Pelatihan dan Edukasi, Literasi zakat, siswa Madrasah Al Masfuriyah Cipondoh.

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk untuk memberikan edukasi dan membangkitkan penguatan  pemahaman serta arahan dalam meningkatan pemahaman ekonomi syariah dan keuangan syariah pada siswa di Madrasah Al Masfuriyah Cipondoh di bidang literasi zakat. Adanya tujuan ini memberikan edukasi kepada para siswa tentang pentingnya genarasi milenial mengembangkan zakat secara efektif dan produktif. Mereka bisa memainkan peran sebagai amil dan muzakki. Karena semua kegiatan ini akan menjadi amal baik yang mereka miliki. Zakat yang menjadi pondasi dasar untuk mengembangkan ekonomi syariah, belum banyak dijangkau oleh pihak generasi milenial. Meskipun mereka faham tentang zakat, mereka belum mendalami pengetahuan dan manfaat zakat secara menyeluruh. Sehingga adanya zakat saat ini, mereka enggan untuk terlibat menjadi bagian dari zakat, baik secara amil maupun muzakki. Adanya permasalahan ini, perlu dilakukan edukasi tentang manfaat zakat dan pentingnya zakat untuk generasi milenial. Pemberian edukasi ini diberikan gambaran secara mendalam, yaitu akan menciptakan kemaslahatan yang tidak hanya dirasakan oleh pribadi, melainkan untuk masyarakat yang lainnya. Dari hasi pelatihan ini diharapkan para siswa Madrasah Al Masfuriyah Cipondoh menjadi terbiasa dan peduli dengan hadirnya zakat untuk menjadi bagian dari amil dan muzakki. Karena ide dari genarasi milenial ini yang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan ekonomi syariah saat ini agar dapat bersaing dengan ekonomi konvensional.

References

Mardhatillah, P. (2022, February 15). Kontribusi Generasi Milenial Untuk Zakat di Era Digital. Https://News.Unimal.Ac.Id/Index/Single/3019/Kontribusi-Generasi-Milenial-Untuk-Zakat-Di-Era-Digital.

Mutawali, & Mukhoyyaroh. (2023). THE INFLUENCE OF ZAKAT INFAK SHADAQOH (ZIS) AND OPEN UNEMPLOYMENT TO POVERTY IN INDONESIA PERIOD 2012-2022. INQUISITIVE, e - ISSN 2775 – 1244 p - ISSN 2774 – 8634, 4(1), 16–27.

Okavia, R. (2017). PERCEPATAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI PERKUATAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) DI JAWA TIMUR. Jurnal, 1(1).

Ratih, I. S., Heririaningrum, S., & Pertiwi, R. S. (2022). ZAKAT OPTIMIZING STRATEGY THROUGH VOLUNTEERISM. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 46–72.

Subardin, M., Imelda, & Andaiyani, S. (2021). PENDAMPINGAN MILENIAL HOBI ZAKAT MELALUI PENGAPLIKASIAN ZAKAT DIGITAL BAGI REMAJA MASJID . Selaparang, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 808–814.

Wilkpedia. (2023). Cipondoh Tangerang. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Cipondoh,_Tangerang.

Yulistiyani, E. (2021, February 26). GENERASI MUDA PENGGERAK EKONOMI SYARI’AH DI INDONESIA. Https://Himaeksyar.Unsil.Ac.Id/2021/02/26/Generasi-Muda-Penggerak-Ekonomi-Syariah-Di-Indonesia/.

Downloads

Published

2023-12-31