Akselerasi Pengembangan Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah

Authors

Abstract

Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah merupakan jurnal publikasi ilmiah yang berafiliasi dengan Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Saat ini Al-Mustashfa terindeks Sinta 3 dan perlu pengembangan untuk bisa menaikkan akreditasi nasional dan indeksasi internasional. Penelitian ini mengkaji mengenai upaya peningkatan kualitas artikel dan tata kelola Jurnal Al-Mustashfa menuju reputasi unggul nasional dan internasional. Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari tim pengelola jurnal dan praktis pengelola jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengembangkan Al-Mustashfa, perlu dilakukan mengundang Reviewer dan Editor internasional, meningkatkan keragaman penulis dari berbagai negara, serta perbaikan panduan dan tata letak. Penerbitan dalam Bahasa Inggris dapat memperluas jangkauan internasional. Fokus pada kualitas referensi dan dorongan terhadap sitasi dapat meningkatkan dampak jurnal. Evaluasi rutin terhadap jumlah halaman dan sitasi diperlukan untuk memastikan pemeliharaan standar kualitas yang diinginkan. Dengan strategi ini, diharapkan Al-Mustashfa dapat menjadi jurnal yang lebih internasional, berkualitas tinggi, dan berdampak signifikan di bidang ilmiah.

References

Al-Mustashfa. 2023. “Homepage Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah.†Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/index.

Anshori, Muslich, and Sri Iswati. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Surabaya: Airlangga University Press.

Busro. 2023. “Review Jurnal Al-Mustashfa.â€

Creswell, Jhon W. 2014. “Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed).†Yogyarakta: Penerbit Pustaka Belajar.

Huda, Muhammad Chairul. 2023. “Potensi Penelitian Pada Bidang Hukum Islam.â€

Junandi, Sri. 2018. “Pengelolaan Jurnal Elektronik Bidang Perpustakaan Menuju Jurnal Terakreditasi.†Pustabiblia: Journal of Library and Information Science 2(1): 119–36.

Menteri Ristek Dikti. 2018. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah. Jakarta. www.peraturan.go.id.

Muhsin, Ilyya. 2023. “Nyawa Dari Publikasi Adalah Riset.â€

Nisak, Zuhrotun. 2013. “Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif.†Jurnal Ekbis 9(2): 468–76.

Nur, Nur Hamdani et al. 2022. “Pengembangan Kompetensi Pengelola Jurnal Melalui Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Akreditasi Nasional.†GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 16–21.

Sari, Dwi Budyarti Kurnia. 2019. “Pengenalan Open Jornal System Madika Pusat Pendidikan Dan Pelatihan.†MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan 5(1): 95–106.

Sukardi, Didi. 2023. “Kajian Hukum Ekonomi Syariah.â€

Yusuf, A Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2024-07-07