Pendampingan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar Jombor 3
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v2i1.38868Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mempunyai peranan penting dalam mengembangkan profesionalisme guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian tindakan kelas juga membantu guru menunjukkan apakah teori pembelajaran sesuai dengan situasi kelas. Melalui penelitian tindakan kelas, guru dapat menerapkan teori dan strategi pembelajaran yang paling sesuai dengan situasi pengajaran mereka. Namun, realitanya banyak guru yang masih kesulitan dalam memahami dan menyajikan proposal PTK bahkan guru belum termotivasi untuk melakukan penelitian ini, sehingga melalui pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dan memberikan pendampingan dalam menyusun proposal PTK yang sesuai dengan permasalahan kondisi kelas guru yang dihadapinya. Metode yang digunakan yaitu terdiri atas ceramah, pelaksanaan kegiatan atau demontrasi dan evaluasi. Lokasi kegiatan pengabdian dilakukan dengan bekerja sama dengan mitra yaitu guru Sekolah Dasar Negeri Jombor 3. Target dari pengabdian ini, guru bisa menulis proposal PTK secara akurat dan benar, menganalisis permasalahan di kelas, mendemonstrasikan pemahaman cara merumuskan masalah dan membuat PTK, karena sejatinya Penelitian Tindakan Kelas akan membantu meningkatkan kualitas hasil pembelajaran
References
Mettetal G. The What, Why and How of Classroom Action Research. J Scholarsh Teach Learn. 2002;2(1):6–13.
Undang-Undang RI. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.
Undang-Undang RI. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. indonesia; 2005.
RI PP. Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005.
Susanti E, Hartanto D. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Islam. 2015;14(1):151– 74.
Herianto A, Ibrahim, Arif, Khosiah. PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU MTs DAN MI DARUL MASAKIN DESA BILELANDO LOMBOK TENGAH. J Masy Mandiri. 2019;3(1):58–64.
Malik N, Marlina S. Peningkatan Kemampuan Matematika Melalui Aritmatika di Taman Kanak-Kanak. Pendek J Pendidik Berkarakter. 2020;3(2):22–7.
Permenristekdikti. Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Tujuan Rencana Strategis 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 mariahelena srirahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

