Pendampingan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar Jombor 3
Abstract
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mempunyai peranan penting dalam mengembangkan profesionalisme guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian tindakan kelas juga membantu guru menunjukkan apakah teori pembelajaran sesuai dengan situasi kelas. Melalui penelitian tindakan kelas, guru dapat menerapkan teori dan strategi pembelajaran yang paling sesuai dengan situasi pengajaran mereka. Namun, realitanya banyak guru yang masih kesulitan dalam memahami dan menyajikan proposal PTK bahkan guru belum termotivasi untuk melakukan penelitian ini, sehingga melalui pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dan memberikan pendampingan dalam menyusun proposal PTK yang sesuai dengan permasalahan kondisi kelas guru yang dihadapinya. Metode yang digunakan yaitu terdiri atas ceramah, pelaksanaan kegiatan atau demontrasi dan evaluasi. Lokasi kegiatan pengabdian dilakukan dengan bekerja sama dengan mitra yaitu guru Sekolah Dasar Negeri Jombor 3. Target dari pengabdian ini, guru bisa menulis proposal PTK secara akurat dan benar, menganalisis permasalahan di kelas, mendemonstrasikan pemahaman cara merumuskan masalah dan membuat PTK, karena sejatinya Penelitian Tindakan Kelas akan membantu meningkatkan kualitas hasil pembelajaran
Kata kunci: Pendampingan, PTK, Guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 mariahelena srirahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.