Pembinaan Kegiatan Kerohanian Siswa terhadap Pembentukan Karakter di MAN 2 Kabupate Serang
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v2i1.40933Keywords:
Pembinaan, Kerohanian, KarakterAbstract
Pendidikan adalah proses yang mengandung spirit untuk membawa peserta didik menuju pada sebuah harapan. Hal ini bisa dipahami karena manusia memiliki keinginan-keinginan untuk menjadi baik dan maju dalam berbagai aspek kehidupan. Sehingga pada tataran praktis pendidikan betul-betul dibutuhkan dengan kenyataan bahwa pendidikan adalah proses yang paling efektif untuk terpenuhinya kebutuhan tersebut. Masalah pokok yang terjadi yaitu minimnya minat siswa dalam kegiatan-kegiatan kerohanian dan kurangnya pembinaan dalam kegiatan-kegiatan kerohanian siswa. Adapun tahap kegiatan yang dilakukan oleh tim PKM diantaranya: 1) Ketua dan anggota tim melakukan rapat baik secara daring maupun luring untuk mendiskusikan tema Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 2) Melakukan survei ke MAN 2 Kab. Serang serta mengurus ijin dan menentukan tempat kegiatan dan waktu pelaksanaannya, 3) Berdiskusi dengan Kepala MAN 2 Kab. Serang dan Guru-guru MAN 2 Kab. Serang, 4) Menyiapkan kelengkapan kegiatan seperti spanduk, serta kesiapan administrasi dan perlengkapan protokol kesehatan, 5) Tim pengabdian melaksanakan pengabdian.
References
Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Adisusilo, J.R.. Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai-Karakter: Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Amirullah, A. H., & Hardianti. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Jurnal Office, Vol. 2 No. 2.
Asmani, J. M. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Fahira, Raychan. 2020. Hubungan Stress Terhadap Gangguan Siklus Haid diMas Al-Kausar Al-Akbar, UMSU.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hadiawati, L., Ahmad, S. dan Fenty, I. 2018. Penurunan Hasil Bawang Merah Akibat Kekeringan pada Beberapa Fase Pertumbuhan. Seminar Nasional: Mewujudkan Kedaulatan Pangan Melalui Penerapan Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi Pada Kawasan Pertanian. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat.
Hamruni, H. 2015. Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 12 No. 2.
Hardiyanti, Hubungan Personal Hygiene Terhadap KejadianPediculosis Capitis Pada Santriwati Di Pesantren Jabal An-Nur Al-IslamKecamatan Teluk Betung Barat Bandar Lampung, Bandar Lampung: UniversitasLampung, 2016, hal. 86.
I Nyoman Subagia, 2021. Pendidikan Karakter, Jakarta: Nilachakra.
Melinda Pridayani dan Ahmad Rivauzi. 2022. Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa, An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 2, p-ISSN: 2775-7226. http://annuha.ppj.unp.ac.id331-332.
Nasrullah Nurdin, 2018. Pedoman Pembinaan Rohis Di Sekolah Dan Madrasah, (Jakarta:Erlangga.
Samani, M., Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rikil Amri, Aep Saepul Anwar, Riyan Hidayatulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

