Pengembangan Media Pembelajaran Structure and Written Expression TOEFL untuk Lembaga Kajian Dialektika
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v2i2.40979Abstract
Abstrak
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu pilar penting dari tridarma perguruan tinggi yang fokus pada penerapan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh perguruan tinggi untuk kepentingan masyarakat luas. Pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan dalam kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam bentuk penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dimiliki oleh perguruan tinggi.
Pada kesempatan ini, prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang yang diwakili oleh beberapa dosen dan mahasiswa melakukan PkM berupa kegiatan pembuatan media pembelajaran untuk Lembaga Kajian Dialektika. Salah satu kajian ilmu yang dibahas di Dialektika adalah pembelajaran TOEFL yang difokuskan pada pembelajaran Structure and Written Expression (SWE) dalam Bahasa Inggris.
Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran dengan membantu siswa memvisualisasikan konsep yang abstrak atau kompleks menjadi lebih konkret dan mudah dipahami. Salah satu contoh media pembelajaran yang penting dalam persiapan menghadapi ujian TOEFL adalah presentasi PowerPoint (PPT).
Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah action research (Penelitian tindakan) yang terdiri dari 4 (empat) langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran seperti PPT menjadi sangat penting dalam membantu siswa memahami materi TOEFL dengan lebih efektif.
Kata Kunci: Lembaga Kajian Dialektika, TOEFL, Media Ajar, PowerPoint
Abstract
Community Service (PkM) is one of the important pillars of the tridarma of higher education that focuses on the application of knowledge and skills possessed by higher education for the benefit of the wider community. Community service can be carried out in activities that aim to make a positive contribution to society in the form of the application of science, technology and art owned by universities.
On this occasion, Pamulang University English Literature study program represented by several lecturers and students conducted PkM in the form of learning media making activities for the Dialectics Study Institute. One of the studies discussed in Dialektika is TOEFL learning which is focused on learning Structure and Written Expression (SWE) in English.
In the learning process, learning media has an important role in improving the effectiveness and efficiency of learning by helping students visualize abstract or complex concepts to be more concrete and easy to understand. One example of learning media that is important in preparing for the TOEFL exam is a PowerPoint presentation (PPT).
The method used in this PkM is action research which consists of 4 (four) steps, namely: planning, action, observation, and evaluation. Thus, the use of learning media such as PPT becomes very important in helping students understand TOEFL material more effectively.
Keywords: Institute for Dialectical Studies, TOEFL, Teaching Media, PowerPoint
References
Arsyad, A. (2018). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada
Asnawir & Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Hamalik. (2005). Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah.
Khadijah. (2016). PengembanganKognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Nurhayati, N & Nehe, BM. 2016. “An Analysis of Students‟ Strategies in Answering TOEFL”. The Journal of English Language Studies, 1(1): 10-18.
Philips, D. (2001). Longman Complete Course for The TOEFL: Preparaion for The Computer and Paper Test. Addison-Wesley Longman. Inc
Sanaky, H. AH. (2013) Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kau-kaba.
Tanihardjo, J. 2016. “The Analysis of Students„ English Competence in the Grammar Section in the
Paper-based TOEFL: A Case Study at English Department in Bunda Mulia University”. Journal of English Language and Culture, 6 (1): 19-3
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ria Antika, Prihatin Puji Astuti, Adissa Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.