Pengembangan Media Pembelajaran Structure and Written Expression TOEFL untuk Lembaga Kajian Dialektika

Authors

  • Ria Antika Universitas Pamulang
  • Prihatin Puji Astuti Unpam
  • Adissa Putri Unpam

DOI:

https://doi.org/10.32493/iqtis.v2i2.40979

Keywords:

Lembaga Kajian Dialektika, TOEFL, Media Ajar, PowerPoint

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu pilar penting dari tridarma perguruan tinggi yang fokus pada penerapan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh perguruan tinggi untuk kepentingan masyarakat luas. Pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan dalam kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam bentuk penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dimiliki oleh perguruan tinggi.

Pada kesempatan ini, prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang yang diwakili oleh beberapa dosen dan mahasiswa melakukan PkM berupa kegiatan pembuatan media pembelajaran untuk Lembaga Kajian Dialektika. Salah satu kajian ilmu yang dibahas di Dialektika adalah pembelajaran TOEFL yang difokuskan pada pembelajaran Structure and Written Expression (SWE) dalam Bahasa Inggris.

Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran dengan membantu siswa memvisualisasikan konsep yang abstrak atau kompleks menjadi lebih konkret dan mudah dipahami. Salah satu contoh media pembelajaran yang penting dalam persiapan menghadapi ujian TOEFL adalah presentasi PowerPoint (PPT).

Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah action research (Penelitian tindakan) yang terdiri dari 4 (empat) langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran seperti PPT menjadi sangat penting dalam membantu siswa memahami materi TOEFL dengan lebih efektif.

 

Author Biographies

Prihatin Puji Astuti, Unpam

Penulis Pertama

Adissa Putri, Unpam

penulis ketiga

References

Arsyad, A. (2018). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada

Asnawir & Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Hamalik. (2005). Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah.

Khadijah. (2016). PengembanganKognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Nurhayati, N & Nehe, BM. 2016. “An Analysis of Students‟ Strategies in Answering TOEFL”. The Journal of English Language Studies, 1(1): 10-18.

Philips, D. (2001). Longman Complete Course for The TOEFL: Preparaion for The Computer and Paper Test. Addison-Wesley Longman. Inc

Sanaky, H. AH. (2013) Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kau-kaba.

Tanihardjo, J. 2016. “The Analysis of Students„ English Competence in the Grammar Section in the

Paper-based TOEFL: A Case Study at English Department in Bunda Mulia University”. Journal of English Language and Culture, 6 (1): 19-3

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.

Downloads

Published

2024-12-31