Sosialisasi Manajemen Risiko yang Efektif untuk Meminimalisisr Risiko yang terjadi pada Bengkel Bridgestone di Depok Jawa Barat

Authors

  • Esti Suntari Suntari Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk membantu dalam mengelola manajemen perusahaan di Bengkel Bridgestone, bengkel mobil yang memberikan pelayanan dan jasa service kepada konsumen. Pengelolaan manajemen bengkel ini khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia yang merupakan aset perusahaan untuk mengelola dan memahami  manajemen risiko serta bertujuan untuk meminalisir risiko yang terjadi di bengkel tersebut dapat menyebabkan kerugian besar. Tidak semua risiko dapat dihilangkan atau dihindari oleh karena itu diperlukan tindakan-tindakan pencegahan atau tindakan untuk menghadapi risiko yang telah terindikasi tersebut. Metode yang di gunakan pada kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat yang di awali dengan beberapa tahap, tahap pertama persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini dimulai dengan berdiskusi langsung bersama pihak pimipinan dan beberapa karyawan untuk mengindifikasi peluang, tantangan , permasalahan dan hambatan yang dihadapi karyawan dalam menjalankan tugasnya. Pembahasan hasil yang di dapat dalam kegiatan ini, Setelah dilakukannya sosialisasi dan pembelajaran dan memberikan pemahaman materi mengenai mengelola manajemen risiko, banyak hal yang harus di pahami sehingga dapat meminalisir atau terhindar dari hal-hal yang merugikan. Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan suatu proses yang dapat meningkatkan ketrampilan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan, sehingga menghasilkan karyawan yang trampil, profesional.dan percaya diri dalam mengerjakan tugasnya.  Hal ini dapat meningkatkan kinerja kerja dan produktivitas perusahaan.

Kata Kunci: Manajemen Risiko, Meminimalisir Risiko

Abstract

The aim of carrying out this Community Service is to assist in managing company management at the Bridgestone Workshop, a car repair shop that provides services and services to consumers. The management of this workshop, especially in the management of human resources which is a company asset, is aimed at managing and understanding risk management and aims to minimize risks that occur in the workshop which can cause major losses. Not all risks can be eliminated or avoided, therefore preventive measures or actions are needed to deal with the risks that have been indicated. The method used in community service activities begins with several stages, the first stage is preparation and field survey. This survey stage begins with direct discussions with the leadership and several employees to identify opportunities, challenges, problems and obstacles faced by employees in carrying out their duties. Discussion of the results obtained in this activity. After conducting socialization and learning and providing an understanding of the material regarding managing risk management, there are many things that must be understood so that we can minimize or avoid detrimental things. With socialization and training, it is a process that can improve employees' technical, theoretical, conceptual and moral skills, thereby producing employees who are skilled, professional and confident in carrying out their duties.  This can improve work performance and company productivity.

Keywords: Risk Management, Minimizing Risk

References

Afandi, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator), Nusa Media. Yogyakarta

Bintoro dan Daryanto, 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1, Yogyakarta

Darmawin, Herman, 2006Manajemen Risiko, ed 10, Jakarta: Bumi Aksara

Davis, Keith & John W. Newstrom. 2006. Perilaku dalam organisasi. Jakarta:

Erlangga Fahmi, Irham. 2013. Perilaku Organisasi, Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham, 2010, Manajemen Risiko , Bandung: Alfabeta

Hasibuan, Amalayu, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Hendy Tannady, Manajemen Sumber Daya Manusia , Penerbit, Yogyakarta:

Espert, 2017 http://www.sarjanaku.com/2012/07/pengertian-budaya-organisasi-definisi.html

Mamduh M. Hanafi. 2009 , Manajemen Risiko, UPP STIM YKPN: Yogyakarta

Prabowo Ony,

https://ilmuprabowo.wordpress.com/2011/11/02/pentingnya-perilaku- keorganisasian-dalam-membentuk-sdm/

Rozalena dan Dewi, 2016. Panduan praktis menyusun pengembangan karier dan Pelatihan Karyawan , penerbit, Jakarta: Raih Asa Sukses

Siagian, Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-12-28