Menggunakan Metode Demonstrasi Secara Prosedural pada Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ghozali
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v2i2.42011Keywords:
Berbicara bahasa Inggris, Metode demonstrasi, ProseduralAbstract
Pelaksanaan PKM di Prodi Sastra Inggris meliputi pelaksanaan antara lain perencanaan, pelaksanaan itu sendiri dan evaluasi. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah dalam rangka mendapingi para siswa yang berjumlah 29 orang dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggirs dengan menggunakan metode demonstrasi secara prosedural. Pelaksanaan kegiatan PKM diadakan dalam rangka pelaksaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang mana sejumlah dua orang dosen dan lima mahasiswa ikut ambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan. Perencanaan yang dibuat dilakukan dalam rangka mempersiapkan segala sesatu yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan PKM diantaranya pembuatan lesson plan yang dipandu oleh dua orang dosen yang berperan sebagai pembina pelaksana. Mahasiswa melaksanakan kegiatan PKM di dalam kelas dengan dibantu oleh dua orang dosen yang sama. Evaluasi dilakukan di akhir proses pembelajaran yang mana mahasiswa memberikan pertanyaan kepada para siswa guna mengetahui apakah mereka mengerti apa yang sudah mereka pelajari pada proses pelaksanaan pembelajaran. Para siswa diberikan sedikit hadiah kecil agar mereka merasa diapresiasi selama proses pembelajaran.
References
Burn, A. (2016). Reseacrh and the Teaching of Speaking in the Second Language ClassroomIn A. Burn (Ed.), Teaching in the Second Language Classroom (Issue January, pp. 242–256).
Bygate, M. (2009). Speaking (C. N. Candli & H. G. Widdowson (eds.)). Oxford University Press.
Goh, C. C. M. (2007). Teaching Speaking in the Language Classroom (W. A. Renandya & J. C. Richard (eds.)). SEAMEO Regional LAnguage Centre.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching, 5th edition (J. Harmer (ed.); 4th ed.). Pearson Longman.
Jannah, M., Bte Abdul, N., & Hamid, S. M. (2021). The Implementation of
Demonstration Method To Improve Students’ Speaking Skils in Procedure Text Article Info Abstract. Procedure Text. English Language Teaching Methodology, 1(1), 62–71.
Kaniadewi, S., Sundayana, W., & Purnawarman, P. (2017). Improving Students’ Speaking Ability in Reporting Procedural Text By Using Videos. Journal of English and Education, 5(1), 13–19.
Marzuqi, A. M. I., Firdaus, D., & Haryudin, A. (2019). The Use of Demonstration Technique in Improving Learners’ Speaking Ability. PROJECT
(Professional Journal of English Education), 2(6) 896.https://doi.org/10.22460/project.v2i6.p896-903
Nation, I. S. ., & Newton, J. (2009). Teaching ESL/EFL Listening and speaking.
Routledge, Taylor & Francis.
Richards, J. C. (2008). Teaching Listening and Speaking from Theory and Practice. In Language Teaching. Cambridge University Press.
Safitri, H., Rafli, Z., & Dewanti, R. (2020). Improving Students’ Speaking Skills through Task-Based Learning: An Action Research at the English Department. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6),
88. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1647
Tamala, Y. P., & Wulandar, S. (2021). The Strategies of Teaching Speaking in Junior High School. 4(2), 12–24.
Teiseran, G, G. (2020). Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Monolog Pendek Berbentuk Prosedur Pada Siswa Kelas VII-F SMP NEGERI 5 Abiansemal Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Education Action Research, 4(2). https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24923
Umiyatun, U. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Teks Prosedur dengan Metode Demonstrasi melalui Media Benda Realia pada Siswa SMP. Jurnal
Pendidikan Surya Edukasi, 4(1), 90–103. https://doi.org/10.37729/jpse.v4i1.4890
Waliyani, W., & Yuliani, S. (2018). Improving Students’ Speaking Skills Through Demonstration Method of the Class XI Ips 1 Students of SMA Muhammadiyah 1 Palembang. English Community Journal, 2(2), 262–268. https://doi.org/10.32502/ecj.v2i2.1330
Yusridawati. (2022). Improving Students’ Speaking Ability Through Demonstration Method: (A Case Study of Junior High School Students).
Journal.Iainlhokseumawe.Ac.Id, 2(1), 35–47. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/jetlee/article/view/211
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hilma Safitri, May Triranto Maharini, Barnes Adrian Falah, Wirdiyan Saputra, Muhammad Daniel Ramadhan, Muhammad Thoriq Mulya Akbar, Gina Zakia Fajrin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.