Menggunakan Metode Demonstrasi Secara Prosedural pada Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ghozali
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v2i2.42011Abstract
ABSTRAKPelaksanaan PKM di Prodi Sastra Inggris meliputi pelaksanaan antara lain perencanaan, pelaksanaan itu sendiri dan evaluasi. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah dalam rangka mendapingi para siswa yang berjumlah 29 orang dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggirs dengan menggunakan metode demonstrasi secara prosedural. Pelaksanaan kegiatan PKM diadakan dalam rangka pelaksaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang mana sejumlah dua orang dosen dan lima mahasiswa ikut ambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan. Perencanaan yang dibuat dilakukan dalam rangka mempersiapkan segala sesatu yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan PKM diantaranya pembuatan lesson plan yang dipandu oleh dua orang dosen yang berperan sebagai pembina pelaksana. Mahasiswa melaksanakan kegiatan PKM di dalam kelas dengan dibantu oleh dua orang dosen yang sama. Evaluasi dilakukan di akhir proses pembelajaran yang mana mahasiswa memberikan pertanyaan kepada para siswa guna mengetahui apakah mereka mengerti apa yang sudah mereka pelajari pada proses pelaksanaan pembelajaran. Para siswa diberikan sedikit hadiah kecil agar mereka merasa diapresiasi selama proses pembelajaran.
Kata kunci: Berbicara bahasa Inggris, Metode demonstrasi, Prosedural
Abstract
The implementation of the PKM (Community Service Program) in the English Literature Department includes the planning, the execution itself, and the evaluation. The goal of this PKM activity was to assist 29 students in learning to speak English by using the procedural demonstration methods. The PKM activities were conducted as part of the implementation of the Tri Dharma Perguruan Tinggi in which two lecturers and five students of SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ghozali participated in the activities. The planning was carried out in order to prepare everything related to the implementation of the PKM activities including the creation of a lesson plan guided by two supervisors whose positions are lecturers. The students conducted the PKM activities in the classroom with the assistance of the two lecturers. The evaluation was carried out at the end of the learning process in which the students of UNPAM asked the senior high school students some questions to determine whether they understood or not what they had learned during the implementation of the teaching process. The students were given some rewards to have them feel appreciated during the learning process.
Keywords: Speaking English, Demonstration method, Procedural
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hilma Safitri, May Triranto Maharini, Barnes Adrian Falah, Wirdiyan Saputra, Muhammad Daniel Ramadhan, Muhammad Thoriq Mulya Akbar, Gina Zakia Fajrin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.