PKM Pembelajaran Ilmu Tajwid karya KH. M Qomari Sholeh dengan Metode Halaqah di TPA Hayatinnur
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v2i2.44359Keywords:
Pembelajaran Tajwid, TPA Hayatinnur, Metode HalaqahAbstract
Tujuan PKM ini adalah memberikan pembelajaran tajwid pada anak TPA Hayatinnur dengan metode halaqah dengan buku pegangan tajwid karya KH. M Qomari Sholeh. Metode halaqah menjadi salah satu bagian yang digunakan oleh tim abdimas dalam strategis pembelajaran tajwid di TPA Hayatinnur, Halaqah adalah pembelajaran perkelompok antara guru dan peserta didik, yang terdiri dari 10 peserta. Pembelajaran ini dilatarbelakangi karena banyak orangtua menitipkan anaknya ke Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Hayatinnur untuk belajar ngaji. Namun belum optimal dikarenakan durasi belajar di TPA yang terbilang singkat, sehingga beberapa target pembelajaran kadang tidak terpenuhi. Pembelajaran ilmu tajwid sudah diajarkan, tetapi masih banyak anak-anak yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik apalagi sesuai kaidah ilmu tajwid. Dari permasalahan tersebut, maka tim abdimas mengadakan pembelajaran dengan metode halaqah, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di aula TPA Hayatinnur yang berada di kelurahan Jatimulya kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Mitra pengabdian adalah seluruh peserta didik TPA Hayatinnur. Pengabdian ini dilaksanakan selama 1 minggu tepatnya 21 s/d 25 November 2022, setiap ba’da ashar dengan dengan sub tema yang berbeda-beda. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatnya kemampuan anak-anak dalam pemahaman ilmu tajwid, berdasarkan uji coba yang telah dilakukan mereka dapat mempraktekkan bacaan surah al-Qiyamah (juz 29) dengan baik.
References
Elkarimah, Mia Fitriah, and Ahmad Jaeni MA. “PKM Mengasah Kompetensi Dasar Guru/Pendidik Al-Qur’an Melalui Pelatihan Sehari.” Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 3 (2023): 577–583.
Elkarimah, Mia Fitriah, and Usman Sutisna. “Pendampingan Pengajaran Metode Iqro’ Untuk Guru-Guru Di TPA Hayatinnur Tambun Selatan Bekasi.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2, no. 2 (2021): 178–184.
Fatimah, Siti, Kamilah Rahmawati, and Siti Sabilah Salmah. “Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Menggunakan Metode Halaqah Di Mis Assasul Islam Bogor.” Pkm-P 3, no. 1 (2019): 43.
Ishaq, Ahmad Hanifuddin, and Ruston Nawawi. “Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’Ah.” Qof 1, no. 1 (2017): 15–24.
Karim Abdul Hamid. “Urgensi Halaqah Dalam Akselerasi Dakwah.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro (2019): 315–331. e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/ath_thariq/artikel/view/1266.
Khairi, Ahmad, Abdur Rohman Wahid, Ach Romli, Achmad Sholihin, and Afan Maulana Ishaq. “PKM Pelatihan Dan Pembelajaran Tata Cara Membaca Al-Quran Dengan Ilmu Tajwid Dengan Media Mobile Android Di TPQ AT-Tarbiyah Probolinggo.” GUYUB: Journal of Community Engagement 2, no. 3 (2021): 789–804.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 mia fitriah elkarimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.