PKM Pembelajaran Ilmu Tajwid karya KH. M Qomari Sholeh dengan Metode Halaqah di TPA Hayatinnur
DOI:
https://doi.org/10.32493/iqtis.v2i2.44359Keywords:
Pembelajaran Tajwid, TPA Hayatinnur, Metode HalaqahAbstract
Abstrak
Tujuan PKM ini adalah memberikan pembelajaran tajwid pada anak TPA Hayatinnur dengan metode halaqah dengan buku pegangan tajwid karya KH. M Qomari Sholeh. Metode halaqah menjadi salah satu bagian yang digunakan oleh tim abdimas dalam strategis pembelajaran tajwid di TPA Hayatinnur, Halaqah adalah pembelajaran perkelompok antara guru dan peserta didik, yang terdiri dari 10 peserta. Pembelajaran ini dilatarbelakangi karena banyak orangtua menitipkan anaknya ke Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Hayatinnur untuk belajar ngaji. Namun belum optimal dikarenakan durasi belajar di TPA yang terbilang singkat, sehingga beberapa target pembelajaran kadang tidak terpenuhi. Pembelajaran ilmu tajwid sudah diajarkan, tetapi masih banyak anak-anak yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik apalagi sesuai kaidah ilmu tajwid. Dari permasalahan tersebut, maka tim abdimas mengadakan pembelajaran dengan metode halaqah, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di aula TPA Hayatinnur yang berada di kelurahan Jatimulya kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Mitra pengabdian adalah seluruh peserta didik TPA Hayatinnur. Pengabdian ini dilaksanakan selama 1 minggu tepatnya 21 s/d 25 November 2022, setiap ba’da ashar dengan dengan sub tema yang berbeda-beda. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatnya kemampuan anak-anak dalam pemahaman ilmu tajwid, berdasarkan uji coba yang telah dilakukan mereka dapat mempraktekkan bacaan surah al-Qiyamah (juz 29) dengan baik.
Kata Kunci: Pembelajaran Tajwid, TPA Hayatinnur, Metode Halaqah
Abstract
The purpose of PKM is to teach tajwid to the children of TPA Hayatinnur using the halaqah method. The halaqah method is one of the parts used by the abdimas team in the strategic learning of tajwid at TPA Hayatinnur, Halaqah is group learning between teachers and students, consisting of 10-15 participants. This learning is based on the fact that many parents send their children to Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Hayatinnur to learn recitation. However, this is still not optimal due to the relatively short duration of learning at TPA, so that some learning targets are sometimes not met. The learning of tajwid has been taught, but there are still many children who are not yet able to read the Qur'an well, let alone according to the rules of tajwid. Based on the problem, the abdimas team conducted learning with the halaqah method. This dedication activity was carried out in the hall of TPA Hayatinnur located in Jatimulya village, Tambun Selatan subdistrict Bekasi. All the students of TPA Hayatinnur are devoted partners. This devotion is carried out for 1 week exactly from November 21 to 25, 2022, every morning with Tajwid material with different sub-themes. The result of community service activities is an increase in the children's ability to understand the science of tajwid, based on the tests that have been done they can practice reciting al-Qiyamah verses ( juz 29) well.
Keywords: tajwid learning, TPA Hayatinnur, halaqah method
References
Elkarimah, Mia Fitriah, and Ahmad Jaeni MA. “PKM Mengasah Kompetensi Dasar Guru/Pendidik Al-Qur’an Melalui Pelatihan Sehari.” Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 3 (2023): 577–583.
Elkarimah, Mia Fitriah, and Usman Sutisna. “Pendampingan Pengajaran Metode Iqro’ Untuk Guru-Guru Di TPA Hayatinnur Tambun Selatan Bekasi.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2, no. 2 (2021): 178–184.
Fatimah, Siti, Kamilah Rahmawati, and Siti Sabilah Salmah. “Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Menggunakan Metode Halaqah Di Mis Assasul Islam Bogor.” Pkm-P 3, no. 1 (2019): 43.
Ishaq, Ahmad Hanifuddin, and Ruston Nawawi. “Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’Ah.” Qof 1, no. 1 (2017): 15–24.
Karim Abdul Hamid. “Urgensi Halaqah Dalam Akselerasi Dakwah.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro (2019): 315–331. e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/ath_thariq/artikel/view/1266.
Khairi, Ahmad, Abdur Rohman Wahid, Ach Romli, Achmad Sholihin, and Afan Maulana Ishaq. “PKM Pelatihan Dan Pembelajaran Tata Cara Membaca Al-Quran Dengan Ilmu Tajwid Dengan Media Mobile Android Di TPQ AT-Tarbiyah Probolinggo.” GUYUB: Journal of Community Engagement 2, no. 3 (2021): 789–804.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 mia fitriah elkarimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.