Rancang Bangun Sistem Pemantauan Suhu Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Untuk Lingkungan Ruangan Gedung Kantor

Authors

  • Abi Mahsyar Karim Sistem Komputer, Universitas Pamulang Kampus Kota Serang
  • Ade Sumaedi Sistem Komputer Universitas Pamulang Kampus Kota Serang
  • Sobri Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jicomisc.v2i2.36794

Keywords:

Pemantauan Suhu, Mikrokontroler, Arduino Uno, Sensor DHT22

Abstract

Untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi biaya operasional. memastikan akurasi pengukuran suhu ruangan dan keandalan sistem deteksi suhu ruangan yang dibangun. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengujian dan validasi sistem secara menyeluruh untuk memastikan kinerja sistem yang optimal. tujuan penelitian ini merancang dan mengembangkan sistem deteksi suhu ruangan yang akurat dan kontrol otomatis lampu LED berbasis suhu. Sistem ini menggunakan sensor DHT22 untuk mendeteksi suhu ruangan dengan tingkat akurasi yang tinggi, dan modul relay 1 untuk mengontrol lampu LED secara otomatis berdasarkan suhu yang terdeteksi.Metodologi penelitian yang digunakan dalam studi ini dimulai dengan melakukan tinjauan pustaka secara komprehensif terhadap teori-teori fundamental seputar alat pendeteksi suhu dan kelembaban.Dari hasil pengujian pada ruangan AC dan non-AC dapat diketahui bahwa rata-rata suhu dan kelembaban memiliki selisih yang besar. Pada ruang AC, rata-rata suhu adalah 25,20°C dan kelembaban 70,00% RH, sementara pada ruang non-AC didapatkan rata-rata suhu 34,88°C dan kelembaban 52,78%. Berdasarkan hasil pengujian yang diberikan, tampaknya LED merah menyala ketika suhu lebih dari 30,00°C, sedangkan LED hijau menyala ketika suhu lebih dari 30,00°C. Hasil ini menunjukkan bahwa LED merah dan hijau mengukur suhu dengan baik, dan sistem ini dapat digunakan untuk mengontrol suhu dalam lingkungan.Tingkat keandalan sistem deteksi suhu ruangan yang dirancang telah menunjukkan hasil yang cukup baik, ditinjau dari pola pembacaan sensor DHT22 yang konsisten dan stabil pada berbagai kondisi lingkungan uji. Namun demikian, diperlukan kalibrasi lanjutan dengan alat ukur pembanding guna meningkatkan akurasi hingga nilai ±0.5°C dan presisi pengukuran secara berkelanjutan.Dari segi efisiensi energi, sistem pemantauan suhu dan kelembaban udara yang dibangun berpotensi memberikan kontribusi penghematan konsumsi daya hingga 15% melalui deteksi kondisi ruangan dan kontrol otomatis lampu LED. Akan tetapi, diperlukan kajian dan perhitungan teknis lebih mendalam terkait besaran efisiensi energi yang dapat direalisasikan.

References

S. Karim, I. M. Khamidah, dan Y. Yulianto, “Sistem Monitoring pada Tanaman Hidroponik menggunakan Arduino UNO dan NodeMCU,” Bul. Poltanesa, vol. 22, no. 1, hal. 75–79, 2021.

Y. Yolnasdi, A. Arviansyah, D. Irfan, dan A. Ambiyar, “Rancang Bangun Pengontrol Suhu Ruangan Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, hal. 218–226, 2020, doi: 10.31539/intecoms.v3i2.1730.

E.-. Permana dan S. Herawati, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu Ruangan Bagian Pembukuan Berbasis Web Meggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 1, hal. 18–33, 2018.

A. Sujiwa dan M. Ubaydillah, “Arduino Based Temperature And Humidity Monitoring Control System for Day Old Chicken (DOC) Cage,” BEST J. Appl. Electr. Sci. Technol., vol. 3, no. 1, hal. 22–25, 2021.

R. Ordila dan Y. Irawan, “Penerapan Alat Kendali Kipas Angin Menggunakan Microcontroller Arduino Mega 2560 Dan Sensor Dht22 Berbasis Android,” Riau J. Comput. Sci., vol. 6, no. 2, hal. 101–106, 2020.

S. P. M. E. Ikhwan Taufik, SISTEM MECHATRONICS ENGINEERING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jakad Media Publishing. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=hh4oEAAAQBAJ

H. SANTOSO, MONSTER ARDUINO 2: PANDUAN PRAKTIS ARDUINO UNTUK PEMULA. in MONSTER ARDUINO. ELANGSAKTI.com, 2017. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=_a9MDwAAQBAJ

L. C. Adiputri, M. N. Fauzan, dan N. Riza, Tutorial Pembuatan Protipe Prediksi Ketinggian Air (PKA) Dan Augmented Reality Berbasis IoT Versi 2. in Internet of Things. Kreatif, 2020. [Daring].

Downloads

Published

31.07.2024