Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Mobile pada PT. JCO Donuts dan Coffee

Authors

  • Agus Suhendi Universitas Pamulang
  • Irfan Fathoni Universitas Pamulang
  • Muhamad Rizqi Maulana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jicomisc.v2i1.38617

Keywords:

koperasi, Framework Ionic, PHP, MySQL

Abstract

Koperasi yang terdapat di PT. JCO Donuts dan Coffee ini merupakan koperasi yang melayani dibidang simpan pinjam. Sistem data pengolahan informasi yang terdapat dirasa masih kurang efisien sebab sistem yang tengah berjalan ini masih memakai sistem pemberkasan yang dicatat pada buku besar koperasi yang hanya diketahui oleh pihak admin, sehingga anggota koperasi tidak bisa mengetahui berapa lagi sisa angsuran pinjaman yang wajib dibayar, bilamana anggota koperasi ingin mengetahuinya maka wajib datang serta bertanya langsung kepada pihak admin koperasi. Pemakaian form peminjaman yang masih memanfaatkan kertas yang wajib diisi oleh anggota serta wajib datang langsung sehingga tidak sedikit terjadi antrian dalam mengajukan pinjaman. Sebaliknya di masa pertumbuhan teknologi digitalisasi, menuntut kita guna bekerja lebih cepat serta akurat. Pembuatan perancangan aplikasi koperasi ini memanfaatkan metode wawancara, observasi serta studi pustaka. Sistem Perancangan aplikasi koperasi ini juga dibangun dengan memakai bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS serta MySQL selaku databasenya serta pula framework ionic guna membangun aplikasi android selaku implementasi. Sistem data yang hendak dibuat ini diharapkan mampu menjadi alternative dari permasalahan yang disaat ini ada serta bisa menaikkan kualitas pelayanan koperasi terhadap anggotanya. Asumsi serta masukan dari calon user juga ikut memberikan wewenang dalam perbaikan serta pengembangan aplikasi koperasi ini supaya bisa direalisasikan.

Author Biographies

Agus Suhendi, Universitas Pamulang

Dosen Program Studi Sistem Komputer S-1 (Kampus Kota Serang) Universitas Pamulang

Irfan Fathoni, Universitas Pamulang

Dosen Program Studi Sistem Komputer S-1 (Kampus Kota Serang) Universitas Pamulang

Muhamad Rizqi Maulana, Universitas Pamulang

Mahasiswa Program Studi Sistem Komputer S-1 (Kampus Kota Serang) Universitas Pamulang

References

M. Tabrani and i. R. Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Beknologi Informasi dan Komunikasi, Vol. 14, No. 1,pp. 44–53, apr. 2019, doi:10.35969/interkom.v14i1.46.

M. Samsudin et al., “Sistem Informasi Pengkreditan Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Baru Kota Ternate Berbasis Web,” Vol. 2 Januari No. 1 2019 Jurnal Ilmiah Ilkom Info-jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 2 Januari, No.1, pp. 2621–4970, 2019.

S. Suci Romadhon. “Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeiginter Pada Koperasi Bumi Sejahtera” Jakarta, Vol. 3, No. 1, 2019.

E. Wahda Saputri- and A. Ali Hakam Dani. “Sistem Informasi Koperasi Karyawan Simpan Pinjam Berbasis Android di PDAM Kota Palopo,” Dewantara. J. Tech, Vol. 04, No. 01, 2023.

M. A. Firmansyah and A. M. Bakti, “Implementasi Metode Fast Untuk Pengembangan Sistem Simpan Pinjam Pada Koperasi Tarbiyah Berbasis Android,” Journal Of Software Engineering Ampera, Vol. 3, No. 3, pp. 133–144, Oct. 2022, Doi: 0.51519/Journalsea.v3i3.243.

Amarul Akbar, Shofiyah, Nur Hayatin, And Ilyas Nuryasin, “Pengembangan Aplikasi Asisten Pintar Pembuka Al qur’an 30 Juz Dengan Perintah Voice Command,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), Vol. 5, No. 5, pp. 1008–1015, Oct. 2021, Doi: 10.29207/resti.v5i5.3541.

G. Waliadi, Nur Hidayanti “Perancangan Aplikasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Karyawan PT. Nikomas Gemilang Berbasis Android.”, Vol. 9, No. 1, 2022.

Tolong Et. Al., “Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Suka Damai,” Jambura Economic Education Journal, Vol. 2, 2020.

G. Saputri dan E. Sita Eriana “Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web dan Android”, Jurnal Teknik Informatika Vol. 13 No. 2, Oktober 2020.

Wayan Astawa, K. Trianingsih, I. Ketut Sirna, and P. Studi Manajemen Universitas Dhyana Pura, “Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Dharma Asih Sentana Jimbaran Bali,” Vol. 16, No. 1, 2021.

Downloads

Published

28.01.2024