Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bimbingan Program Studi Sistem Informasi UNPAM (Kampus Serang)

Authors

  • Angga Pramadjaya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jicomisc.v2i1.38644

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen Bimbingan

Abstract

Dalam proses manajemen bimbingan skripsi banyak proses yang dilalui sehingga pengelolaan harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Alur informasi seputar kegiatan skripsi menjadi penting dalam melakukan kegiatan-kegiatan terkait sebagai contoh proses pendaftaran skripsi, pemilihan dosen pembimbing, penjadwalan dan kegiatan bimbingan menjadi hal yang penting dan memerlukan manajemen yang baik.

Aplikasi berbasis web yang dapat membantu proses penyampaian informasi secara cepat dan mudah menjadi pilihan. Aplikasi sistem informasi pengelolaan tugas akhir/skrispsi ini dibuat dengan menggunakan bahasa permograman berbasis web HTML Dan PHP dengan metode pengembangan sistem menerapkan prinsip Waterfall yang di harapkan bisa membantu dalam proses pengelolaan kegiatan tugas akhir seperti pendaftaran skripsi secara online, bimbingan skripsi secara online dan kegiatan lain seputar skripsi.

Dari hasil pengujian sistem dan analisa didapat kan hasil efektifitas sistem dalam mengelola kegiatan skripsi menunjukkan rata-rata responden memberi pendapat 76% setuju terhadap pernyataan bahwa sistem yang diusulkan memberikan efektifitas yang baik.

Author Biography

Angga Pramadjaya, Universitas Pamulang

Sistem Informasi Universitas Pamulang

References

Akbar, A. S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Hotel Dengan Metode Extreme Programming. Jurnal Disprotek, 26-41.

Asriyanik. (2022). Implementasi Extreme programming pada Website Skripsi . JASISFO (Jurnal Sistem Informasi) Vol 3 No 1, 239-247.

Candra Surya, M. J. (2020). Desain Web Bagi Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Chalifah Istifadhah, M. A. (2022).

Kristiyanto, A., & Pramadjaya, A. (2022). Analisa Perancangan Sistem Informasi Posyandu Kelurahan Pondok Jagung Timur dengan Metode RAD. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 5(2), 57-67.

Pramadjaya, A., & Rohmawati, I. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Skripsi Metode Extreme Programming Studi Kasus Sistem Informasi UNPAM. Prosiding Senantias Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat,4(2), 169-177.

Pramadjaya, A., Hidayat, I., & Ekawati, F. (2022). Analisis Proses Bisnis.

Pramadjaya, A., Romansyah, A., & Septiani, S. (2022). Pengelolaan Instalasi Komputer.

Sistem Informasi Pembimbingan Skripsi dan Tugas Akhir Online Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Metro (OPR Skim Penelitian Institusi).

Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 48-57. Sutabri, T. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi. Trisnadoli, A. (2021). Implementasi Extreme Programming (XP) Agile Software Development pada Pengembangan.

Downloads

Published

30.01.2024