Aplikasi Pembelajaran Lagu dan Tari Daerah Indonesia Berbasis Android

Aplikasi Pembelajaran Lagu Dan Tari Daerah Indonesia Berbasis Android

Authors

  • Irfan Fathoni Universitas Pamulang
  • Agus Suhendi Universitas Pamulang
  • Angga Pramadjaya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jicomisc.v2i2.41616

Keywords:

Android, Lagu dan Tari, Daerah

Abstract

Saat ini perkembangan smartphone telah mengalami kemajuan yang sangat baik dan terdepan, penggunanya tidak hanya menggunakannya sebagai alat untuk bertukar informasi tapi untuk media pembelajaran.  Lagu daerah merupakan lagu yang berasal dan populer di suatu tempat  tertentu dan dibawakan baik oleh penduduk daerah tersebut maupun masyarakat lain.  Tarian Indonesia dapat memperkenalkan keseneian dan keberagaman suku dan budaya Indonesia. Ada lebih dari 700 kelompok etnis di Indonesia. Karena dengan banyaknya jenis lagu dan tarian daerah yang ada di Indonesia, maka penulis ingin membuat aplikasi pembelajaran lagu dan tarian daerah berbasis android yang ada di Indonesia. Penulis menginginkan dengan adanya media pembelajaran aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat umum, ataupun pelajar ataupun akedemik untuk (pengguna smartphone android) terutama yang belajar lagu dan tari daerah dalam memperoleh informasi tentang lagu dan tarian daerah yang ada di Indonesia. Aplikasi pembelajaran tari dan lagu daerah ini akan dapat bekerja dengan lancar denggan menggunakan handphone yang bersistem Android mulai dari versi 4.

References

Harahap, A. Sucipto, And J. Jupriyadi, “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., Vol. 1, No. 1, Pp. 20–25, 2020.

Alfadhil, D. M., Anugrah, A., & Hasbar, M. H. A. (2021). Budaya Westernisasi Terhadap Masyarakat. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 99–108. https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.37

Ardiana, D. P. Y., & Pandawana, I. D. G. A. (2017). Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(3), 208–218.

Dewi, S. S. (2020). Rekayasa Perangkat Lunak Resep Kuliner Nusantara Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(3).

G. Saputri dan E. Sita Eriana “Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Koperasi

G. Waliadi, Nur Hidayanti “Perancangan Aplikasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Karyawan PT. Nikomas Gemilang Berbasis Android.”, Vol. 9, No. 1, 2022.

Informatika, Vol. 2 Januari, No.1, pp. 2621– 4970, 2019.

Koperasi Tarbiyah Berbasis Android,” Journal Of Software Engineering Ampera, Vol. 3, No. 3, pp. 133–144, Oct. 2022, Doi: 0.51519/Journalsea.v3i3.243.

M. A. Firmansyah and A. M. Bakti, “Implementasi Metode Fast Untuk Pengembangan Sistem Simpan Pinjam Pada

Downloads

Published

27.07.2024