Penerapan Metode Fuzzy Untuk Mendukung Sistem Penilaian Kesehatan Mental Mahasiswa UNPAM Serang

Authors

  • Rully Inkiriwang Universitas Pamulang
  • Angga Pramadjaya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jicomisc.v2i2.43156

Keywords:

Fuzzy, Penilaian, Kesehatan, Mahasiswa

Abstract

Gangguan jiwa adalah masalah kesehatan mental yang menghalangi seseorang untuk memenuhi kebutuhan sosial atau pribadi. Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan perilaku yang berdampak pada kehidupan seseorang. Mental yang sehat adalah ketika seseorang menyadari potensi dirinya, mampu mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari, bekerja secara efektif dan optimal, dan dapat memberikan kontribusi bagi lingkungannya. Adapun metode yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan terkait dengan penyebab kesehatan mental yaitu metode fuzzy, karena pendekatan yang digunakan untuk menangani masalah ketidakpastian dan ketidakjelasan dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat memberikan penilaian kesehatan mental dengan baik, memberikan gambaran tentang tingkat kesehatan mental mahasiswa berdasarkan faktor-faktor yang dianalisis. Ini menunjukkan potensi aplikasi sistem inferensi fuzzy dalam pemantauan dan perawatan kesehatan mental mahasiswa Dalam data set yang telah di olah, mendapatkan nilai kesehatan mentalnya adalah sekitar 64.63. Ini menunjukkan bahwa kesehatan mental mahasiswa tersebut dapat diklasifikasikan sebagai cukup baik, berdasarkan nilai stres, kecemasan, dan depresinya

References

Agung Aprianto, I. K. (2023). Penerapan Metode Logika Fuzzy Dalam Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Perkuliahan Online. Jurnal Media Infotama, 439-446.

Maulana, M. R. (2023). Sistem Pakar Untuk Mengukur Tingkat Depresi Mahasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno. Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik dan Teknologi Maritim, 37-50.

Muhammad Daffa, S. (2023). Penerapan Logika Fuzzy Sugeno untuk Deteksi Tingkat Depresi Kerja Karywan . Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 484-493.

Muhammad Zakaria Rifqi Azib, Y. A. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Menggunakan Metode Fuzzy AHP (Studi Kasus : Desa Kedung Pedaringan). Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 1-7.

Nawindah, S. L. (2021). Fuzzy Tskukamoto Untuk Deteksi Tingkat Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 159-165.

Nawindah, S. L. (2022). Fuzzy Takagi-Sugeno-Kang Untuk Penentuan Rekomendasi Konsultasi Kesehatan Mental. JITTER Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 201-208.

Priscillia Pravina Putri Sugihartono, N. H. (2020). Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Deteksi Dini Tingkat Depresi Mahasiswa Yang Sedang Menempuh Skripsi (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3432-3438.

Rama Setiawan, A. T. (2023). Diagnosa Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini dengan Metode Fuzzy Sugeno dan Fuzzy Mamdani. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 315-325.

Raya Srikandi, D. H. (2024). Penerapan logika Fuzzy Dalam Klasifikasi Status Gizi Balita Di Puskesmas Pondidaha Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. JITET (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan), 90-911.

Utti Marina Rifanti, H. P. (2023). Implementasi Logika Fuzzy Pada Penilaian Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Sains dan Teknologi, 250-260.

Downloads

Published

27.07.2024