Simulasi Rancang Bangun Kontrol Jemuran dan Monitoring Suhu dengan ESP32 pada Wokwi dan Blynk

Authors

  • Anggun Berlian Agustina
  • Taufik Ridho
  • Pramono

DOI:

https://doi.org/10.32493/jicomisc.v2i2.43389

Keywords:

wokwi, Arduino Uno, Blynk, ESP32, Sensor DHT22

Abstract

Jemuran merupakan perangkat rumah tangga yang sering digunakan, terutama dalam proses pengeringan pakaian. Namun, penggunaan yang tidak terkontrol dapat memengaruhi kualitas pengeringan dan menghabiskan energi secara berlebihan. Dengan teknologi IoT dan
perangkat cerdas ESP32, kita dapat merancang sistem kontrol yang mampu mengatur proses pengeringan secara otomatis dan efisien serta monitoring berkala secara real time. Tujuan dari simulasi Rancang Bangun ini adalah mengintegrasikan ESP32 ke dalam sistem kontrol jemuran
dengan memanfaatkan layanan cloud seperti Blynk memungkinkan monitoring dan kontrol jarak jauh melalui aplikasi seluler, memberikan fleksibilitas dan kemudahan penggunaan yang tinggi. Dengan  menggabungkan teknologi IoT, simulasi sistem kontrol jemuran ini dapat meningkatkan efisiensi energi, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan menjadi contoh nyata dari penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari.

References

L. Pamungkas, P. Rahardjo, and I. Gusti Agung Putu Raka Agung, “RANCANG

BANGUN SISTEM MONITORING PADA HIDROPONIK NFT (NURTIENT FILM

TEHCNIQUE) BERBASIS IOT,” 2021.

A. Shodiq1, S. Baqaruzi, and A. Muhtar, “Perancangan Sistem Monitoring dan Kontrol Daya Berbasis Internet Of Things,” Hal Jurnal ELECTRON, vol. 2, no. 1, pp. 18–26, 2021.

Rizki Prasetyo Tulodo, Nur Tulus Ujianto, Eko Budiraharjo, and Yustia Hapsari,

“Pengembangan Sistem Pendeteksi Hujan Berbasis Internet of Things (IoT) dengan Simulasi Wokwi,” Jurnal TeknikElektromedik Polbitrada, vol. 4, 2023.

V. Y. P. Ardhana, M. T. Hidayat, M. Jannah, S. Sumiati, P. Rini, and N. Sari,

“Implementasi RESTful API Pada Laravel dan Simulator IoT Wokwi Untuk Pengukuran Suhu dan Kelembaban Menggunakan Metode Waterfall,” Arcitech: Journal of Computer Science and Artificial Intelligence, vol. 3, no. 2, p. 93, Dec. 2023, doi:10.29240/arcitech.v3i2.9334.

Ariyadi Wahyu, Sumaedi Ade, and Mardiansyah, “Simulasi Rancang Bangun Pengukuran Suhu dan Kelembaban Menggunakan Sensor DHT-22 denganPemograman Sofware Arduino Uno dan Wokwi Online,” Journal Information & Computer, 2024, [Online]. Available: https://wokwi.com/

I. Gunawan, H. Ahmadi, and M. R. Said, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Dan

Pemberi Pakan Otomatis Ayam Anakan Berbasis Internet Of Things (IoT),” Infotek :Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 4, no. 2, pp. 151–162, Jul. 2021, doi:

10.29408/jit.v4i2.3562.

Downloads

Published

27.07.2024