Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam Pengembangan UMKM Makaroni Crispy Mac.

Authors

  • ichsan muhamad ichsan hidayatullah Universitas Duta Bangsa
  • Dhefilyn Wahyu Widia Arini
  • Edo Eka Putra
  • Pramono

Keywords:

E-commerce; UMKM; Makaroni

Abstract

Abstrak: E-commerce di era industri ini menjadi alternatif utama untuk mempromosikan dan memasarkan produk bagi pelaku usaha. Pemanfaatan e-commerce memudahkan pelaku usaha dalam menjual produk secara lebih mudah dan menjangkau pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan e-commerce dalam pengembangan UMKM Makaroni Crispy Mac, khususnya dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan platform e-commerce seperti Whatsapp Business dan Shopee menunjukkan kontribusi yang signifikan terhadap penjualan. Selama periode dua bulan (November-Desember 2024), total penjualan melalui Whatsapp Business mencapai Rp 1.075.000,- (97,46%) dari total penjualan, sementara penjualan melalui Shopee hanya sebesar Rp 28.000,- (2,54%). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan e-commerce, khususnya melalui Whatsapp Business, efektif dalam mendukung pengembangan UMKM Makaroni Crispy Mac. dan meningkatkan daya saing produk di pasar.

References

[1] S. Sintaro, “Penerapan Metode Grey Relational Analysis (GRA) Dalam Pemilihan E-Commerce,” Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science (ITSECS), vol. 1, no. 4, pp. 166–173, 2023, doi: 10.58602/itsecs.v1i4.75.

[2] Y. Karima, Z. E. B. Putri, and E. Purwanto, “Penerapan Digital Marketing di UMKM Kripik Pisang Nickii Etjo Sukoharjo dalam Meningkatkan Omset Penjualan,” Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2023, [Online]. Available: https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3494

[3] V. Agnesia and A. J. Saputra, “Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai,” E-Jurnal Akuntansi, vol. 32, no. 3, pp. 750–761, Mar. 2022, doi: 10.24843/eja.2022.v32.i03.p15.

[4] R. J. A. Lismula, “Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat,” Journal of Finance and Business Digital, vol. 1, no. 2, pp. 107–118, Oct. 2022, doi: 10.55927/jfbd.v1i2.1264.

[5] N. I. Purnama, L. P. Putri, and R. Bahagia, “Analisis E-commerce Dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi,” EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, vol. 21, no. 2, pp. 194–200, 2021, doi: 10.30596/ekonomikawan.v%vi%i.8503.

[6] S. Aditya et al., “PEMBUATAN MINUMAN TEH HERBAL ‘JELANG TEA’ SEBAGAI INSPIRASI PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KAMPUNG SIBA KLASIK DAN SEBAGAI PENINGKAT IMMUNITAS TUBUH,” DedikasiMU (Journal of Community Service), vol. 6, no. 1, pp. 87–95, 2024.

[7] J. Rifani and S. H. Azimah, “EFEKTIVITAS PRODUKSI UKM DALAM UPAYA MENINGKATKAN LABA (STUDI KASUS MAKARONI GULA MERAH MAMA ASMI),” Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, vol. 5, no. 1, pp. 24–30, 2023.

[8] Nursanjaya, “MEMAHAMI PROSEDUR PENELITIAN KUALITATIF: Panduan Praktis untuk Memudahkan Mahasiswa,” vol. 4, no. 1, pp. 126–141, 2021.

[9] N. H. M. Rengkuan, D. M. Liando, and D. K. Monintja, “Efektifitas Kinerja Pemerintah Dalam Progam Reaksi Respon Realief Daerah (R3D) Di Kabupaten Minahasa,” JURNAL GOVERNANCE, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2023.

[10] M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.

[11] Z. Fadila, Mahyudin, and Martin, “Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Medan,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 4, pp. 10245–10256, 2024.

[12] F. D. Wahyuni and S. N. Sari, “ANALISIS PENERAPAN SISTEM E-COMMERCE PADA UMKM (Studi Kasus: Warung Nasi Goreng Mas No di Jalan Apron Jakarta Pusat),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 1, no. 3, pp. 155–168, 2021, [Online]. Available: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI

[13] R. Rambe, F. K. Rangkuti, and N. Pasaribu, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN UMKM MAKARONI DELICIUZZ,” Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, vol. 2, no. 4, pp. 81–90, 2023, doi: 10.8734/mnmae.v1i2.359.

Downloads

Published

31.01.2025